Panglima TNI: Kopassus Itu Hantu bagi Musuh Negara

Oleh Liputan6.com pada 24 Apr 2019, 10:36 WIB
M Genantan Saputra/Merdeka.com

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memuji kiprah Kopassus yang sudah berjalan baik selama ini. Menurutnya, Korps Baret Merah itu adalah keganggaan TNI.

"Ingatlah, kalian adalah legenda, tanpa perlu mencari nama, kalian sudah terkenal seantero penjuru dunia. Kalian bagaikan hantu-hantu bagi musuh negara," kata Hadi saat sambutan peringatan HUT ke-67 Kopassus di Mako Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4/2019).

"Tapi ingatlah bahwa kita juga manusia, jangan takabur, jangan lupa untuk selalu berlindung kepada Sang Pencipta dalam setiap langkah menjadi yang terbaik," sambungnya.

Menurut Hadi, Kopassus merupakan prajurit-prajurit pilihan. Prajurit yang ditempa dengan berbagai latihan, tantangan, dan medan pertempuran.

Prajurit Kopassus bersumpah untuk senantiasa mempersembahkan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara. Sejak republik ini berdiri, sampai usia ke-67, Kopassus selalu hadir di seluruh penjuru negeri.

"Baret merah tidak terbesit ragu sedikitpun dalam diri prajurit Komando dalam melaksanakan tugas," tukasnya.

Dia pun mengucapkan selamat HUT Kopassus yang ke-67. "Dirgahayu Kopassus, selaku Panglima TNI, saya bangga dan hormat kepada seluruh prajurit Komando Pasukan Khusus," ucapnya.

Hadi menuturkan, tantangan di masa mendatang semakin sulit. Teknologi terus berkembang. Demikian pula dengan taktik dan teknik kemiliteran. Dirinya minta Kopassus meningkatkan profesionalitas dengan menjadi pasukan khusus yang adaptif, inovatif dalam berbagai tuntutan tugas.

 

2 of 2

Dihadiri Prabowo

Prabowo Kembali Kenakan Baret Merah
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadir dalam upacara Sertijab Danjen Kopassus di Mako Kopassus, Jakarta, Jumat (24/10/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Hadi juga mengingatkan bahwa kehormatan prajurit komando ditentukan oleh loyalitasnya sebagai prajurit yang tegak lurus kepada pimpinan dan jiwa korsanya lekat dengan rekan sejawat. Hadi minta hal itu sebagai pedoman guna menjadikan prajurit supaya berani membela kebenaran dan meraih keberhasilan dalam bertugas.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, senantiasa menyertai setiap langkah pengabdian Prajurit Komando demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta," tandas Mantan KASAU itu.

Sejumlah tokoh turut hadir dalam acara tersebut. Di antaranya, Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala Staf Angkatan Darat Andika Perkasa.

 

Reporter: M Genantan Saputra

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait