Cek Kesiapan Lebaran, PT KAI Inspeksi Jalur Kereta di Pulau Jawa

Oleh Mevi Linawati pada 24 Apr 2019, 08:28 WIB
Diperbarui 24 Apr 2019, 09:05 WIB

Fokus, Jakarta - Untuk memastikan kesiapan moda kereta api dalam menghadapi angkutan Lebaran 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan inspeksi ke seluruh jalur kereta di Pulau Jawa.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (24/4/2019), inspeksi ini dilakukan selama tiga hari mulai 23 April 2019 dengan menggunakan dua kereta khusus dan dimulai dari Stasiun Gambir.

Inspeksi pertama akan menuju Stasiun Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, Gubeng, Jember melalui jalur lintas utara Jawa. Sedangkan lintas selatan akan menuju Bandung, Purwokerto, Semarang Tawang, Malang hingga Stasiun Surabaya Gubeng.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menyatakan, inspeksi untuk memastikan kesiapan jalur kereta, stasiun, pelayanan hingga identifikasi titik rawan seperti daerah rawan banjir, tanah longsor, pelemparan, dan vandalisme. Tercatat sedikitnya ada 300 titik yang rawan banjir dan tanah longsor. PT KAI juga sudah mengerahkan petugas untuk menjaga daerah rawan.

"Ini untuk memastikan semua jalur yang nantinya akan digunakan untuk yang mudik ini semuanya aman, sudah diingatkan juga soal cuaca sehingga kita harus cek titik rawan seperti banjir, longsor, amblas, dan sebagainya," ujar Dirut PT KAI Edi Sukmoro.

Inspeksi ini diikuti Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Ketua Komite Nasional Keselamatan Nasional atau KNKT, Komisaris dan Direksi KAI serta sejumla pejabat terkait lainnya.