Sukses

Moeldoko Sebut Pengerahan Brimob ke Jakarta sebagai Upaya Preventif

Polri mengerahkan ribuan personel Brigade Mobile (Brimob) ke DKI Jakarta usai pemungutan suara Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Polri mengerahkan ribuan personel Brigade Mobile (Brimob) ke DKI Jakarta usai pemungutan suara Pemilu 2019. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan, pengerahan Brimob ini untuk memperkuat pengamanan di Ibu Kota.

"Karena Jakarta sebagai barometer pasti harus kita perkuat lah," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4/2019).

Dia membantah pengerahan Brimob tersebut lantaran ada indikasi stabilitas keamanan sedang terganggu usai pemungutan suara Pemilu 2019. Dia menyebut, saat ini, stabilitas keamanan di Jakarta terjaga dengan baik. 

"Enggak si, kalau saya lihat enggak ada, kita hanya preventif," ucap Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini meminta masyarakat tidak panik dengan adanya pengerahan Brimob ke DKI Jakarta. Kedatangan Brimob disebut hanya untuk memastikan situasi Jakarta tetap aman usai pemungutan suara Pemilu 2019. 

"Kita harus memberikan keyakinan kepada masyarakat nggak ada apa-apa situasinya. Jadi masyarakat kalau ada pasukan yang turun di lapangan justru harus merasa nyaman, jangan merasa ketakutan," ujar Moeldoko.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari Sejumlah Daerah

Sebelumnya, Polda Maluku telah mengirimkan dua SSK Brimob atau 200 personel ke Jakarta. Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa mengatakan, pengiriman pasukan ini bertujuan untuk membantu pengamanan serta menjaga Ibu Kota negara dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Butuh perkuatan atau penebalan aparat keamanan di sana dan Brimob Polda Maluku yang dianggap mampu dipanggil ke Jakarta untuk membantu pengamanan ibu kota negara," kata Kapolda Royke dilansir Antara, di Ambon, Senin 22 April 2019.

Polda Jambi juga memberangkatkan dua kompi atau 200 personel Brimob ke Jakarta untuk menjalankan tugas melaksanakan pengamanan Ibu Kota dibawa kendali BKO Polda Metro.

Pelepasan pemberangkatan dua ratus anggota Brimob Polda Jambi itu dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Muchlis AS, Senin di VIP Bandara Sultan Thaha Jambi.

Menurut Kabid Humas Polda Jambi, Kuswahyudi Tresnadi, pengiriman pasukan tersebut untuk membantu Polda Metro Jaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban pascapemilu di Jakarta.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.