Sukses

Deretan Fakta Terbakarnya Blok C Pasar Tanah Abang

Kebakaran yang terjadi di Blok C Tanah Abang akhirnya padam setelah pemadam kebakaran berjibaku selama 1 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dilalap si jago merah pertama kali diinfokan oleh BPBD Jakarta lewat akun Twitternya. Disebutkan kebakaran terjadi pada pukul 07.10, Senin (22/4/2019).

Untuk segera memadamkan api, total ada sekitar 20 unit damkar yang diturunkan ke TKP.

Hingga kini belum ada informasi terkait adanya korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di Blok C Pasar Tanah Abang tersebut.

Berikut deretan fakta terbakarnya Blok C Pasar Tanah Abang yang dirangkung dari Liputan6.com:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kebarakan Terjadi di Lantai 3

Kasi Ops Damkar Jakarta Pusat Syarifudin mengungkapkan, kebakaran terjadi di lantai 3 Blok C. Api berkobar saat toko hendak dibuka.

"Lantai 3 sebelah kirinya itu toko-toko pakaian, los pakaian, sebalah kanan tuh ada rumah-rumah makan kayak restoran padang, pecel lele, gitu," kata dia.

Petugas pun dikerahkan ke TKP untuk proses pedamaman.

"Ada unit rescue, unit aparatus dan ada unit kompak juga yang quick respond ke sumber air juga gitu. Jadi totalnya sebetulnya 20 unit," kata dia.

3 dari 5 halaman

Blok C Ditutup Sementara

Kebakaran yang terjadi di Blok C Pasar Tanah Abang terjadi pukul 07.00 WIB.

Seiring aktivitas kerja warga di hari pertama, Senin (22/4/2019), lalu lintas kendaraan yang melewati lokasi tersebut ditutup sementara. Hal ini seiring proses pemadaman yang dilakukan petugas damkar.

Begitu pula dengan Pasar Blok C sendiri. Hingga benar-benar padam dan tak ada lagi titik api, pasar ini juga ditutup sementara waktu.

"Terjadi kebakaran di Blok C Pasar Tanah Abang, masih proses penanganan petugas Damkar lalin arah Blok C Tanah Abang ditutup sementara," demikian twit TMC Polda Metro.

4 dari 5 halaman

Diduga Akibat Konsleting Listrik

Kasi Ops Damkar Jakarta Pusat Syarifudin menambahkan, penyeban kebakaran di Blok C Tanah Abang diduga akibat konsleting listrik. 

"Dugaan sementara kayaknya itu listrik, korslet listrik," ujar Kasi Ops Damkar Jakarta Pusat Syarifudin di lokasi.

Namun, Syarifudin belum bisa memastikan berapa kerugian akibat kebakaran tersebut. Syarifudin mengatakan, tepatnya kebakaran terjadi di lantai 3 Blok C.

5 dari 5 halaman

Blok C Tanah Abang Berhasil Dipadamkan

Setelah puluhan unit damkar dan petugas berjibaku dengan panasnya api, kebakaran dapat dipadamkan setelah 1 jam kemudian.

"Kondisi udah aman tinggal pendinginan aja, karena ini di sini ada kain-kain, jadi masih ada asap kita untuk penuntasan ini," Kasi Ops Damkar Jakarta Pusat Syarifudin di Tanah Abang, Senin, (22/4/2019).

Petugas pemadam, lanjut Syarifudin sempat kesulitan memadamkan api. Sebab, asap sangat pekat. Sehingga, kata dia, membutuhkan blower untuk menyedot asap tersebut terlebih dahulu.

"Itu pun anggota harus menggunakan breathing apparatus. Kalau nggak menggunakan breathing apparatus nggak bisa langsung masuk ke dalem itu anggota kita," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.