Para Sosok Kartini Hebat di Zaman Modern, Siapakah Mereka?

Oleh Maria Flora pada 22 Apr 2019, 09:04 WIB

 

Fokus, Jakarta - Memperingati Hari Kartini, para petugas wanita di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta Pusat, kompak mengenakan kain kebaya. Beberapa di antara mereka bahkan melengkapinya dengan sanggul di kepala.

"Bukti bahwa perempuan sekarang ini sudah semakin maju, semangatnya tinggi, dan wanita juga sudah bisa mengikuti zaman sekarang, banyak perempuan-perempuan hebat sekarang ini," jelas petugas Stasiun Gambir Gianina, seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (22/4/2019)

Para Kartini modern ini mengaku bangga berkesempatan memaknai Hari Kartini dengan mengenakan busana nasional kain kebaya saat bertugas melayani masyarakat.

Sementara di Sungai Purut di Desa Purut, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur, lebih dari 200 peserta mengikuti Just Fighter Off Road 4x4 yang digelar tepat di Hari Kartini](3946835 "").

Medan off road ini terbilang ekstrem, karena selain melintasi aliran Sungai Purut, para peserta juga harus menaklukkan jalur menanjak dan terjal penuh bebatuan dan lumpur sepanjang hampir 25 kilometer.

Jalur inilah yang akhirnya berhasil ditaklukkan Shinta Febrianti, off roader wanita asal Banyuwangi. Dengan mobil jeep 4x4 yang dikemudikannya Shinta mengaku tak gentar melintasi terjalnya bebatuan di sepanjang Sungai Purut.

"Para Kartini Indonesia tetap semangat, jangan pernah gentar apa pun yang terjadi dan tetap jadi diri sendiri," ungkap off roader wanita asal Banyuwangi ini.