PP Muhammadiyah Imbau Masyarakat Sabar Tunggu Perhitungan Suara KPU

Oleh Rinaldo pada 21 Apr 2019, 07:21 WIB

Fokus, Yogyakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir meminta semua komponen bangsa untuk bersabar menunggu hasil rekapitulasi perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (21/4/2019), semua pihak juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menganggu serta menciptakan situasi yang tidak kondusif.

Para elit juga tidak membut pernyataan spekulatif memanaskan situasi apalagi mengajak memobilisasi massa.

"Kami mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk sabar menunggu dan tidak melakukan aktivitas yang dapat menganggu, yang dapat menciptakan kondisi yang tidak kondusif, dan para elit untuk tidak membuat pernyataan spekulatif dan konfrontatif," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Sementara di Jakarta, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengimbau kepada seluruh umat Islam dan warga negara untuk bersabar menanti perhitungan suara oleh KPU.

Umat Islam juga dihimbau untuk saling memaafkan pada bulan syakban terlebih jelang memasuki bulan Ramadan.

"Di bulan Syakban ini kita merujuk kembali, mari kita saling memaafkan satu sama lain, sebelum masuk Ramadan mari kita membersihkan dulu dosa-dosa kita, semua ada hikmahnya," kata Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Pasca-pemilu semua masyarakat dan komponen bangsa menjaga keutuhan negara kesatuan dan tidak terpecah belah.