Libur Panjang Akhir Pekan, Jalur Wisata di Jawa Barat Macet Total

Oleh Maria Flora pada 20 Apr 2019, 15:40 WIB

Liputan6SCTV, Bogor - Kemacetan panjang kembali terjadi di lepas pintu Tol Ciawi, Jawa Barat. Seperti hari sebelumnya, kendaraan masih didominasi mobil pribadi dari wilayah Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (20/4/2019), kemacetan di Simpang Gadog mulai terjadi sejak pukul 07.00 WIB.

Untuk mengurai kemacetan, polisi memberlakukan sistem satu arah menuju puncak secara situasional. Kawasan wisata Taman Matahari, Pasar Cisarua, Taman Safari, hingga Riung Gunung, menjadi tujuan wisata warga di wilayah puncak di saat libur panjang akhir pekan tiba. 

Tidak hanya di Bogor, ribuan kendaraan dari luar kota juga mulai memadati Tol Cipularang Purwakarta, Jawa Barat.  Kepadatan mulai terjadi di KM 82 Jatiluhur, Purwakarta.

Para wisatawan Jabodetabek diperkirakan akan menghabiskan akhir pekan di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya. Peningkatan jumlah kendaraan diprediksi masih akan berlangsung hingga Sabtu, 20 April malam nanti.

Volume kendaraan menuju kawasan Lembang, Bandung Barat, juga kembali meningkat sejak pagi tadi. Antrean kendaran mengular sepanjang 3 kilometer dari Jalan Setiabudhi. Sebaliknya, kondisi arus lalu lintas dari arah Lembang menuju Bandung masih relatif lancar.

Tiga titik kemacetan yang harus diwaspadai yakni, Jalan Gudang Kahuripan, pertigaan Beatrix, dan Simpang Panorama. Guna menghindari penumpukan kendaraan, Satlantas Polres Cimahi memberlakukan sistem buka tutup jalan secara situasional. (Galuh Garmabrata)