Top 3 News: Ekspresi Kemenangan di Balik Wajah Pucat Sandiaga

Oleh Muhammad Radityo PriyasmoroMaria FloraDevira Prastiwi pada 19 Apr 2019, 07:34 WIB
Didampingi Sandiaga, Prabowo Kembali Deklarasi Menang Pilpres

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, calon presiden 02 Prabowo Subianto kembali mendeklarasikan kemenangannya dalam Pilpres 2019. Padahal hasil hitung cepat atau quick count dari sejumlah lembaga survei belum mengeluarkan hasil resmi.

Prabowo meyakini bahwa dirinya dan Sandiaga telah mengungguli pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam perolehan suara. Dengan menyatakan mendapat lebih dari 62 persen.

"Ini adalah hasil real count dalam posisi lebih dari 320 ribu TPS," ungkap Prabowo di Jakarta, Rabu (12/4/2019). 

Meski mengklaim menang, ekspresi wajah berbeda ditunjukkan Sandiaga. Tidak ada kegembiraan di sana. Ya, setelah dua kali ini tak nampak, Sandiaga kali ini hadir mendampingi Prabowo di Rumah Kertanegara No. 4, Jakarta Selatan, Kamis 18 April kemarin.

Sandi tampak lesu dan pucat. Dia bahkan lebih banyak diam saat pekikan kemenangan dan takbir disuarakan Prabowo Subianto. Ada apa dengan Sandiaga Uno?

Sementara itu, tanggapan berbeda keluar dari capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi atas hasil hitung cepat sementara yang dikeluarkan lembaga survei.

Meski indikasi exit poll dan quick count menyatakan Jokowi-Ma'ruf telah unggul dari  Prabowo-Sandiaga, namun Jokowi meminta pendukungnya tetap bersabar hingga ada pengumuman resmi dari KPU.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 18 April 2019: 

 

2 of 5

1. Wajah Lesu Sandiaga saat Prabowo Baca Deklarasi Menangi Pilpres 2019

Didampingi Sandiaga, Prabowo Kembali Deklarasi Menang Pilpres
Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) saat memberi keterangan kepada awak media di Rumah Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4). Prabowo kembali mendeklarasikan menang Pilpres 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Wajah calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno terlihat beda saat Prabowo Subianto membacakan deklarasi kemenangan. Ekspresi kemenangan yang seharusnya terlihat, malah berbalik pucat pasi.

Pantauan di Rumah Kertanegara No.4 Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019) pukul 17.40 WIB, Sandiaga muncul mendampingi Prabowo dengan berdiri sejajar di sebelahnya. Tatapannya tajam, melihat serius ke arah teks pidato deklarasi klaim kemenangan dipegang Prabowo.

Sandiaga tak banyak bergerak, tak juga sepatah kata dikeluarkan. Begitu pun saat Prabowo menutup pidato dengan memekik takbir dan merdeka hingga tiga kali.

 

Selengkapnya...

3 of 5

2. Ada Apa dengan Sandiaga Uno?

Sandiaga Uno
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno melambaikan tangan setibanya di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk menggunakan hak politiknya dalam Pemilu 2019, Rabu (17/4). Pemilu 2019 terdiri dari Pilpres dan Pileg yang diselenggarakan secara serentak (Liputan6.com/Johan Tallo)

Undang-Undang Pemilu No 7 Tahun 2017, hasil hitung cepat semua lembaga survei baru bisa dipublikasikan. Hasilnya, Jokowi unggul sementara dari Prabowo dengan selisih sekitar 8 persen.

Tak banyak yang disampaikan Jokowi. Mantan Gubernur DKI ini hanya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan meminta pendukung tak bereuforia, seraya menunggu hasil resmi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pemandangan berbeda tampak saat jajaran BPN 02 naik podium. Hanya tampak segelintir elite partai pengusung atau yang mewakilkan yang berdiri berjejer bersama. Bahkan, sang calon wakil presiden Sandiaga Uno pun absen. Dimana Sandiaga?

Hampir seluruh jajaran BPN 02 kompak mengatakan, Sandiaga mendadak sakit, diserang cegukan tak kunjung henti. Spekulasi pun mencuat. Apa benar Sandi Sakit? 

 

Selengkapnya...

4 of 5

3. Beda Tanggapan Jokowi dan Prabowo Usai Lihat Hasil Quick Count Sementara

Keakraban Jokowi dan Prabowo Usai Debat Kedua Pilpres
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman usai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto angkat bicara soal hasil quick count atau hitung cepat sementara Pilpres 2019.

Respons atau tanggapan yang diberikan Jokowi maupun Prabowo pun berbeda. Prabowo mengajak para relawan dan pendukungnya untuk mengawal kotak suara Pemilu 2019 yang baru saja usai.

Sedangkan, Jokowi meminta pendukungnya tetap bersabar hingga ada pengumuman resmi dari KPU. Hal itu mengingat Jokowi terindikasi menang exit poll dan quick count.

 

Selengkapnya...

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓