Sukses

Jadi TPS Khusus, Tempat Nyoblos Megawati Dijaga 2 Polisi Melekat

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan, TPS khusus akan dijaga oleh dua personel kepolisian dibantu empat anggota Linmas secara melekat.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengkategorikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 62 Kelurahan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sebagai TPS khusus. TPS tersebut merupakan tempat Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri mencoblos pada Pemilu 2019.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan, TPS khusus akan dijaga oleh dua personel kepolisian dibantu empat anggota Linmas secara melekat.

"Karena di sini kita kategorikan TPS khusus, jadi dijaga 2 polisi melekat. Di tempat lain ada 2 polisi jaga 10 TPS, tapi mobile, tentunya TPS yang berdekatan, itu polanya," ujar Indra di lokasi, Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Meski begitu, puluhan personel Polri-TNI terpantau bersiaga di sekitar TPS 62. Puluhan personel itu disiagakan untuk antisipasi potensi-potensi kerawanan. Apalagi, TPS tersebut menjadi lokasi mantan Presiden RI mencoblos.

"Kita kan memang kegiatannya lebih ke preventif ya. Kita selalu berusaha melakukan pencegahan, antisipasi, itu saja tidak ada yang lain. Tapi alhamdulillah semuanya sampai saat ini berjalan dengan lancar," tuturnya.

Lebih lanjut, Indra menyampaikan wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan diamankan oleh 3.000 personel gabungan TNI-Polri. Mereka siap menjaga proses pencoblosan hingga tuntas.

"Pengamanan tentu sampai penghitungan selesai, sampai di kecamatan kita juga masih jaga di sana sampai tuntas semua," tuturnya.

Kepolisian juga menyiagakan satuan khusus seperti Gegana dan Satwa atau K-9. "Kita siagakan di Polres, di beberapa titik juga. Manakala hal-hal yang bersifat kontigensi ada ancaman teror itu kita siapkan. Tapi mudah-mudahan aman," kata Indra menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.