Hasil Pengumuman PMDK PN Keluar Siang Ini Pukul 14.00 WIB

Oleh Devira Prastiwi pada 16 Apr 2019, 12:17 WIB
PMDK PN

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri atau PMDK PN akan keluar pada hari ini, Selasa (16/4/2019) pukul 14.00 WIB.

Hasil PMDK PN ini bisa dilihat langsung melalui laman resmi https://pmdk.politeknik.or.id/pengumuman.

PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan adalah salah satu jalur seleksi masuk yang diselenggarakan universitas atau institut tertentu untuk menyaring mahasiswa baru.

Jalur seleksi ini dilakukan tanpa tes dan berupa undangan bagi siswa berprestasi. Seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapot dan prestasi-prestasi yang pernah diraih siswa.

Pada 4 Februari-6 April 2019, Politeknik mengirim undangan ke sekolah, berupa Username dan Password yang dapat digunakan oleh siswa untuk masuk ke laman PMDK PN.

Setelah itu, sekolah menyampaikan kepada siswa, Username dan Password yang telah diberikan Politeknik. Kemudian, siswa masuk ke laman PMDK PN dan melengkapi syarat-syaratnya.

Siswa harus melengkapi biodata, yaitu memasukkan data raport, menambahkan 6 prestasi akademik/kurikuler terbaik, melengkapi data keluarga, melengkapi data ekonomi, dan memilih jurusan Politeknik.

Selain itu juga, siswa juga harus mengisi KAP dan PIN Bidik Misi, jika ia peserta Bidik Misi (jika siswa ingin mengikuti jalur bidik misi silahkan daftar di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/) dan terakhir adalah finalisasi.

Setelah itu, siswa menyerahkan berkas PMDK, yaitu print out bukti pendaftaran, fotokopi rapor semester 1 sampai 5 yang telah dilegalisir, pas foto berwarna ukuran 4x6 (2 lembar), fotokopi akte kelahiran atau Surat Kenal Lahir, fotokopi sertifikat 6 prestasi akademik/kurikuler terbaik yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang dicapai selama di Sekolah Menengah, serta Surat keterangan lain yang disyaratkan oleh Politeknik yang dipilih.

Sedangkan bagi peserta Bidik Misi, ada persyaratan tambahan, yaitu mengirimkan 2 berkas, di mana, satu berkas untuk persayaratan PMDK PN dan satu berkas format sesuai aturan Bidik Misi Dikti, silakan lihat di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.

 

2 of 3

Kirim Persyaratan

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Swasta Nesi Neonmat, Kota Kupang (Ola Keda?liputan6.com)
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Swasta Nesi Neonmat, Kota Kupang (Ola Keda?liputan6.com)

Para siswa harus mengirimkan berkas PMDK PN tersebut maksimal satu minggu setelah pendaftaran sekolah. Setelah dikirim, mereka harus mengunggah bukti pengiriman berkas PMDKN PN, baik itu Pos, JNE, tanda terima, dan lain-lain.

Jika dilakukan secara kolektif, maka sekolah yang mengirimkan berkas PMDK PN.

Setelah itu, Politeknik menvalidasi data online dan berkas yang dikirim oleh sekolah atau siswa. Lalu evaluasi masing-masing Politeknik.

Kemudian, Politeknik melakukan proses seleksi nasional dan rapat koordinasi evaluasi akhir. Pengumuman kelulusan dapat dilihat di website PMDK-PN 2019.

Terakhir, siswa yang dinyatakan lulus dapat melakukan pendaftaran ulang menjadi calon mahasiswa sesuai jadwal masing-masing Politeknik.

 

Reporter: Dewi Larasati

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓