Sukses

Cak Imin Apresiasi Buku Adempol

Anggota Fraksi PKB DPR Lukmanul Khakim launching buku Adempol, singkatan dari Agama, Demokrasi dan Politik.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Fraksi PKB DPR RI Lukmanul Khakim Launching buku Adempol, singkatan dari Agama, Demokrasi dan Politik.

"Trilogi ini bersumber dari pemikiran dan jejak langkah politik Cak Imin, yang saya awali dari catatan kecil selama nderek beliau,” kata Lukman di launching dan bedah buku di ruang rapat Fraksi PKB, Senayan, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Agama sebagai Salah satu di antara trilogi yang disampaikan dalam buku itu menurut Lukman sangat menarik dibahas. Agama menjadi simbol politik identitas yang semakin menguat.

"Padahal faktanya negara kita bukan negara agama, tapi seringkali agama dijadikan sebagai alat politik," tegas Politisi muda daerah pemilihan Bojonegoro-Tuban ini.

Melihat fakta tersebut, publik hari ini menurutnya harus melihat dan membaca pemikiran Cak Imin Yang sudah dituliskannya dalam buku setebal 285 halaman itu.

"Nilai dalam agama itu harus ditransformasikan dalam bentuk kebijakan politik Yang objektif, bukan agama sebagai simbol dan alat doktrinasi membangun militansi. Akhirnya lihat, agama dalam konteks sebagai rahmat itu terabaikan,” tandas Lukman.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan apresiasinya atas buku yang mengisahkan jejak langkah politik dan pemikirannya itu.

"Terima Kasih, saya tentu mengapresiasi dan bangga atas buku yang luar biasa ini. perjuangan politik harus memiliki landasan nilai, ideologi dan jejak history yang tak terputus," ungkap Cak Imin.

Hadir juga dalam acara sekaligus memberikan paparan terkait Trilogi, agama demokrasi dan politik diantaranya pengamat politik Lili Romli dan wakil ketua Umum PBNU Macksoem Mahfud.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.