Sukses

Kapolda: Tak Ada Peningkatan Status Keamanan Jakarta Jelang Pemungutan Suara

Kapolda Metro Jaya mengatakan, kondisi keamanan di DKI Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok masih aman terkendali jelang pemungutan suara.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono menyatakan tidak ada peningkatan status keamanan di wilayah DKI Jakarta menjelang pelaksanaan pemungutan suara pemilu pada 17 April 2019.

"Sampai hari ini kita tidak menaikkan status (keamanan) apapun," ujar Gatot usai menghadiri apel siaga gabungan TNI-Polri dalam rangka kesiapsiagaan pemilu aman di JI-Expo Kemayoran, seperti dilansir Antara, Minggu 14 April 2019.

Dia mengatakan, kondisi keamanan di wilayah Polda Metro Jaya, meliputi DKI Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok masih aman terkendali jelang pemungutan suara. Meski begitu, Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Kodam Jaya tetap melaksanakan sejumlah langkah kegiatan antisipasi.

Antara lain, melakukan patroli gabungan di sejumlah tempat yang memiliki potensi kerawanan, seperti di pusat perbelanjaan, tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan maupun objek vital seperti di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Di tempat-tempat di mana di sana ada kelompok-kelompok yang rentan terjadinya konflik sosial dan tempat-tempat lainnya yang memiliki potensi kerawanan," ujar Gatot.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Pertebal Keamanan Jika...

Gatot mengatakan, apabila dalam perkembangan di lapangan terjadi potensi peningkatan kerawanan, seperti meningkatnya dukungan terhadap pasangan tertentu atau potensi terjadinya konflik sosial, maka baik TNI dan Polri akan mempertebal kekuatan pasukan.

"Kita akan memberikan yang terbaik kepada masyarakat untuk masyarakat menjadi aman, nyaman untuk datang ke TPS dan kita jamin itu. Jangan takut dan jangan ragu untuk datang ke TPS untuk memilih sesuai dengan kehendak mereka masing-masing," kata Gatot.

Sementara itu, Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menegaskan bahwa saat ini wilayah Jakarta dan sekitarnya berada dalam kondisi yang aman dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan menjelang Pemilu 17 April 2019.

"Kita akan deteksi dan akan kita cegah sedini mungkin (ancaman dan gangguan) sehingga pada kegiatan pemilu demokrasi, pesta demokrasi tanggal 17 April dan pasca-nya, kita berharap semuanya dapat berlangsung dengan aman dan damai," ujar Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.