Sukses

Gempa Hari Ini: Aceh dan Papua Diguncang Lindu

Gempa pertama terdeteksi di Kota Sabang Aceh dengan magnitudo 5,0.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi dua gempa mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Minggu (14/4/2019). 

Gempa pertama terdeteksi di Kota Sabang, Aceh dengan magnitudo 5,0. Sedangkan lindu kedua terjadi di Kota Jayapura, Papua dengan magnitudo 2,7. 

Masing-masing gempa terjadi pada pukul 03.43 WIB dan pukul 08.07 WIB. Meski getarannya cukup kuat, gempa di Aceh menurut BMKG tak berpotensi tsunami. 

Berikut info selengkapnya dua gempa yang terjadi hari ini:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Sabang, Aceh

Gempa magnitudo 5,0 mengguncang Kota Sabang, Aceh, pada pukul 03.43 WIB. Meski getarannya cukup kuat, lindu tak berpotensi tsunami.

Sementara, pusat gempa menurut laporan BMKG berada di 190 km barat laut Kota Sabang, Aceh dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Sedangkan untuk lokasi gempa Aceh berada pada koordinat 7,35 Lintang Selatan (LS) dan 94,42 Bujur Timur (BT). 

 

3 dari 3 halaman

Gempa Jayapura, Papua

Ada pun gempa kedua terjadi di Kota Jayapura, Papua. Lindu terjadi pada pukul 08.07 WIB dengan magnitudo 2,7. 

Sama seperti Aceh, lindu di Papua juga tak berpotensi tsunami. Sementara itu, pusat gempa terjadi di darat atau sekitar 5 km di bagian barat daya Kota Jayapura.

Sementara, koordinat gempa berada di 2,58 LS  dan 140,67 BT dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • gempa jayapura

  • Gempa Papua