Antusiasme WNI Gunakan Hak Pilihnya di Malaysia, Denmark dan Belanda

Antusiasme WNI Gunakan Hak Pilihnya di Malaysia, Denmark dan Belanda

Ratusan warga Indonesia yang berada di Kinibalu, Sabah, Malaysia, Minggu siang memberikan hak suaranya di pemilu serentak 2019. Antusiasme warga terlihat dari banyaknya WNI yang mendatangi Kantor Konsulat Jendral Republik Indonesia dan sekolah Indonesia, tempat didirikannya TPS.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (14/4/2019), di dua lokasi ini, total ada 26 TPS yang disiapkan untuk melayani 140.878 daftar pemilih tetap (DPT).

"Antusiasme WNI di sini sangat tinggi, kalau saya dengar dari warga, pelaksaan pemilu tahun ini lebih ramai dari tahun lalu," kata KJRI Kota Kinabalu Sabah Komjen Krisna Jaelani.

Sementara itu, sebanyak 570 WNI sudah memenuhi Kedutaan Besar Indonesia di Kopenhagen, Denmark, sejak Sabtu pagi. Mereka hendak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu. Sementara, 150 pemilih lainnya mengirimkan surat suara melalui pos.

Meski harus sedikit sabar mengantre, proses pencoblosan di KBRI berlangsung lancar. Sejumlah WNI mengaku senang dan bangga bisa menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, warga Indonesia di Den Haag, Belanda, juga memilih di TPS pada Sabtu kemarin, yang digelar di salah satu sekolah Indonesia.

Banyaknya warga yang hendak memilih membuat antrean membludak. Namun, warga tetap tertib mengantre. Panitia memberikan perhatian khusus kepada para ibu hamil dan penyandang disabilitas untuk bisa melalui jalur khusus. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 14 April 2019, 14:05 WIB

Video Terkait

Spotlights