Aktivitas Warga Klaten Tetap Normal Meski Gunung Merapi Terus Erupsi

Aktivitas Warga Klaten Tetap Normal Meski Gunung Merapi Terus Erupsi

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi terus meningkat. Hampir setiap hari terjadi luncuran lava pijar yang disertai awan panas.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (14/4/2019), berdasarkan data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, dimulai dari Jumat sore sampai dengan Sabtu pagi,13 April mendeteksi adanya delapan kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 250 meter hingga 1 kilometer.

Meski luncuran lava pijar dan awan panas setiap hari keluar dari puncak Merapi, aktivitas warga tetap normal seperti biasa.

Namun, warga di kawasan rawan bencana di Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, sudah mulai mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu merapi erupsi. Salah satunya dengan menyimpan surat-surat penting di sebuah tas.

Tujuannya, jika mereka mengungsi, semua surat penting seperti ijazah hingga sertifikat tanah bisa ikut diselamatkan dengan dibawa mengungsi.

"Ini kalau sewaktu-waktu kita lari atau meninggalkan kampung kita sudah siap bawa ini," ucap warga Desa Sidorejo bernama Sukiman.

Hingga saat ini status Gunung Merapi masih tetap waspada atau level 2.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 14 April 2019, 08:55 WIB

Video Terkait

Spotlights