Sungai Meluap, Banjir Rendam 5 Desa di Pantura Subang

Oleh Maria Flora pada 10 Apr 2019, 11:21 WIB
Diperbarui 10 Apr 2019, 13:46 WIB

Fokus, Jawa Barat - Banjir yang merendam lima desa di Pantura Subang, Jawa Barat, masih terlihat menggenangi sejumlah titik pada Rabu pagi. Di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah kawasan Jalan Raya Pasar Ciasem, Subang, ketinggian air mencapai 70 sentimeter.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (10/4/2019), pihak sekolah terpaksa meliburkan aktivitas belajar mengajar. Sekolah tersebut kerap terkena banjir karena lokasinya yang relatif lebih rendah dari permukaan jalan.

Tingginya intensitas hujan juga menyebabkan Sungai Ciasem meluap hingga merendam 850 rumah warga. Masyarakat berharap pemerintah berupaya melakukan normalisasi Kali Ciasem serta Kali Cijambe.

Sementara, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, luapan Sungai Citarum juga masih merendam ribuan rumah di tujuh kecamatan. Ketinggian air mencapai 1 meter. Akibatnya, sebagian warga memilih mengungsi.

Jumlah warga yang mengungsi di gedung pengungsian Program Masyarakat Tangguh Banjir Dayeuhkolot mencapai 235 jiwa. Mereka mulai jatuh sakit karena tidak adanya pelayanan kesehatan di posko pengungsian. (Galuh Garmabrata)