Cegah Golput, Oesman Sapta Minta Parpol Kampanye Positif

Oleh Liputan6.com pada 09 Apr 2019, 15:33 WIB
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menggunakan hak pilih di Pemilu 2019 yang bakal dilaksanakan pada 17 April. Kata dia, satu suara yang diberikan menentukan masa depan bangsa. Oleh karenanya, Ia meminta supaya masyarakat tidak golput.

"Satu suara menentukan masa depan bangsa. Masyarakat harus hadir ke TPS untuk memilih," ujar Oesman Sapta saat berbincang dengan wartawan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (8/4).

Dia juga mengatakan partai politik (parpol) memiliki peran penting, untuk mencegah terjadinya golput. Untuk itu, dirinya menyarankan supaya parpol memberikan pendidikan kampanye yang positif untuk masyarakat. Selain menekan anggak golput, tujuan lain ialah mendapatkan hasil pemilu yang bermartabat.

Selain itu, penyelenggara pemilu juga diharapkan menjalankan seluruh tahapan sesuai dengan peratuan perundang-undangan yang berlaku. "Aturan hukum yang ada harus dipatuhi," tegas pria asal Kabupaten Kayong Utara ini.

Terakhir, dia juga menyampaikan sistem pemilu kali ini yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Itu karena mereka yang memiliki hak suara harus memberikan suaranya untuk lima kotak suara sekaligus, yakni calon presiden dan wakil presiden, anggota legislatif DPR RI, anggota DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD.

Meski pemilu serentak merupakan sistem baru di Tanah Air, namun perlu ada evaluasi setelah seluruh tahapan pelaksaan selesai. "Dievaluasi mana yang lebih baik (sistem pemilunya)," tuntasnya.

 

 

Kontributor MPR RI: Putri Dwi Anjarwati