Bayi Perempuan Berkepala 2 dengan 1 Jantung dan Paru Lahir di Brebes

Bayi Perempuan Berkepala 2 dengan 1 Jantung dan Paru Lahir di Brebes

Seorang ibu di Brebes, Jawa Tengah, melahirkan bayi perempuan berkepala dua. Tim dokter bersiap merujuk bayi tersebut untuk melakukan operasi pemisahan kepala.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (9/4/2019), anak ketiga dari Amirudin dan Susi, warga Kersana, Brebes, baru saja lahir secara sesar di Rumah Sakit Mutiara Bunda.

Keluarga hanya bisa pasrah melihat bayi lahir dengan berkepala dua. Mereka menanti keputusan tim dokter untuk merujuk anak mereka ke rumah sakit yang memiliki fasilitas operasi yang lebih lengkap. Keluarga juga sudah menyetujui operasi pemisahan kepala yang berisiko dan berbiaya tinggi.

"Bayi ini memiliki dua kepala tetapi badannya masih menempel jadi satu. Organ dalam seperti jantung dan paru-paru juga hanya ada satu," ujar Direktur RS Mutiara Bunda dr Linaldi Ananta.

Menurut tim dokter Rumah Sakit Mutiara Bunda, hal tersebut terjadi lantaran tidak sempurnanya pembentukan bayi kembar dalam usia kandungan kurang dari satu bulan. Harusnya sel telur yang sudah menjadi zigot membelah pada usia 8-12 hari usia janin. Pembelahan yang tidak sempurna itulah yang kerap menyebabkan kelainan pada bayi kembar.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 09 April 2019, 11:32 WIB

Video Terkait

Spotlights