KPU Sosialisasikan Hak Pilih ke Masyarakat Lewat Pemilu Run 2019

Oleh Maria Flora pada 08 Apr 2019, 09:18 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum atau KPU bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bawaslu, dan Komnas HAM menggelar acara Pemilu Run 2019 di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Minggu pagi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (8/4/2019), begitu terompet dibunyikan, ribuan peserta langsung meninggalkan titik start di Parkir Timur Senayan.

Dengan jarak tempuh sejauh 5 kilometer, kegiatan lari yang bebas dari atribut partai politik maupun simbol kampanye ini sekaligus sebagai sosialisasi pemilu agar masyarakat menggunakan hak pilih mereka.

"Pasti nyoblos, anti-golput," kata peserta Pemilu Run 2019 Nurul.

"Selain mensosialisasikan pemilunya, kita juga sosialisasi untuk pilih yang jujur," ujar Ketua KPU Arief Budiman.

Di tempat yang sama, KPK bersama KPU, Bawaslu, dan Komnas HAM juga menggelar simulasi pemilu serentak 2019. KPK menyerukan kepada masyarakat agar memilih pemimpin yang jujur, menolak money politik serta tidak memilih bekas koruptor sebagai wakil rakyat.

"Negeri ini memerlukan orang-orang yang bisa berjuang sehingga dia bisa menciptakan daya saing, kesejahteraan sosial dan seterusnya, kita memerlukan orang yang jujur," jelas Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Peringatan KPK ini menyusul masih banyaknya elit partai politik yang ditangkap karena terlibat korupsi.