Top 3 News: Di Balik Motif Massa Kampanye Bentrok dengan Warga Sleman

Oleh Liputan6.comDian KurniawanMaria Flora pada 08 Apr 2019, 07:24 WIB
Diperbarui 08 Apr 2019, 10:25 WIB
20150808-bentrokan

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini mengungkap bentrokan antar dua kelompok massa terjadi di Kabupaten Sleman, DIY, Minggu, 7 April kemarin. Salah satu massa yang bentrok merupakan massa yang sedang berangkat kampanye menuju ke Alun-alun Wates, Kulonprogo.

Sebagian massa yang menggunakan motor lalu masuk ke dalam gang kampung di samping SPBU Gamping. Selanjutnya tanpa alasan yang jelas, mereka melempar batu hingga memicu kemarahan warga. Bentrokan pun tak terhindarkan.

Sementara itu, penemuan jasad Budi Hartanto (27), warga Kediri yang diduga menjadi korban mutilasi kini kasusnya memasuki babak baru. 

Sebanyak sembilan orang saksi yang diduga mengetahui motif dibalik pembunuhan tersebut telah menjalani pemeriksaan. Polisi juga menduga kesembilan teman almarhum ini tahu seperti apa keseaharian Budi selain berprofesi sebagai guru dan pengajar tari di sebuah sanggar.

Kabar lainnya, pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab hadir dalam kampanye akbar capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga. Rizied hadir dalam video berdurasi 14 menit.

Ada 10 alasan yang dibeberkannya mengapa Sandiga dan Prabowo kerap mendapat sambutan hangat dari para pendukungnya saat gelar kampanye di daerah. Apa sajakah itu?

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Minggu, 7 April 2019.

2 of 5

1. Massa Kampanye Bentrok dengan Warga di Sleman Yogyakarta

bentrok-ilustrasi-131119b.jpg
Sebagian massa yang menggunakan motor lalu masuk ke dalam gang kampung di samping SPBU Gamping.

Kericuhan terjadi di Jalan Wates Km 8, Padukuhan Ngaran, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, Minggu (7/4). Kericuhan ini melibatkan sekelompok massa yang akan berangkat kampanye ke Alun-alun Wates, Kabupaten Kulonprogo.

Seorang saksi mata, Anton Prabu (40) mengatakan kericuhan bermula saat sekelompok massa tiba-tiba mendatangi Padukuhan Ngaran.

Massa ini kemudian masuk ke dalam gang kampung yang berada di samping SPBU Gamping. Anton mengungkapkan dirinya tak tahu alasan massa tiba-tiba masuk ke kampungnya dan melakukan pelemparan. 

 

Selengkapnya...

3 of 5

2. Menelisik Mutilasi Guru Tari di Kediri Melalui Teman Korban

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)
Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Polres Kediri Kota memeriksa sembilan saksi terkait kasus dugaan mutilasi Budi Hartanto (27), warga kelurahan tamanan Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Kesembilan orang yang diperiksa ini diduga adalah teman korban.

Mereka diperiksa di ruang unit secara bergantian oleh penyidik.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP Andi Purnomo mengatakan, mereka diduga tahu soal keseharian korban dan tidak menutup kemungkinan ada yang mengetahui pembunuhan serta mutilasi Budi Hartanto.

 

Selengkapnya...

4 of 5

3. Rizieq Shihab Beber 10 Alasan Prabowo-Sandi Bakal Menang di Pilpres 2019

20161123-Rizieq-Shihab-Usai-Penuhi-Panggilan-Bareskrim-Jakarta-FF
Pimpinan FPI, Muhammad Rizieq Shihab memberi keterangan usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim, Jakarta, Rabu (23/11). Rizieq diperiksa sebagai saksi ahli dalam kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Ahok. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Rizieq Shihab, pentolan Front Pembela Islam, hadir di tengah kampanye akbar capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Melalui video berdurasi kurang lebih 14 menit tersebut, Rizieq menyampaikan beberapa hal terkait Pilpres 2019.

Rizieq yang masih berada di Saudi Arabia menyebut 10 alasan Prabowo-Sandi dielu-elukan para pendukungnya di setiap daerah dan lapisan masyarakat.

Prabowo-Sandi merupakan hasil ijtima' ulama, karena Prabowo-Sandi setia kepada Pancasila dan UUD 1945 yang sejati membela agama bangsa dan negara, dan karena Prabowo-Sandi menandatangani pakta integritas di hadapan para habaib dan ulama yang menghadiri ijtima' ulama.

 

Selengkapnya...

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓