Sukses

Survei LSI: Hanya Perindo Partai Baru yang Berpotensi Lolos ke Senayan

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, diantara partai baru elektabilitas Perindo dinilai paling tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Survei Lingkaran Survei Nasional (LSI) Denny JA menyebut Partai Perindo menjadi satu-satunya partai baru yang berpotensi lolos ambang batas parlemen sebesar 4 persen suara nasional. 

Dalam survei yang dilakukan selama Maret 2019 itu, Perindo diprediksi mencapai 3,9 persen. Angka ini sama dengan raihan suara PKS. Perindo menyalip PAN yang mendapat suara sebesar 3,1 persen, PPP 2,9 persen, dan Nasdem 2,5 persen.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, diantara partai baru, elektabilitas Perindo dinilai paling tinggi. Menurut Rully, selain elektabilitas yang sudah sangat tipis dengan syarat ambang batas, survei juga memiliki margin of error yang bisa mendongkrak elektabilitas Perindo.

"Jika margin of error dinaikkan ke atas atau dibulatkan ke atas, maka Perindo memiliki peluang lolos PT. Berbeda dengan tiga partai baru lainnya masih cukup berat untuk lolos PT seandainya margin of error nya dinaikkan," kata Rully di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Jumat, 5 April 2019.

Dalam survei itu, posisi parpol teratas masih diduduki PDI-Perjuangan dengan elektabilitas 24,6 persen, disusul posisi kedua yakni Gerindra 13,4 persen.

Kemudian menyusul di posisi ketiga ada Golkar 11,8 persen, keempat Partai Demokrat 5,9 persen, dan kelima PKB sebesar 5,8 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Parpol Kerja Extra Keras

Tak hanya itu, Rully membeberkan setidaknya ada enam partai yang terancam tidak lolos apabila mesin politiknya tidak bekerja ekstra. Enam partai tersebut, yakni Hanura yang memperoleh elektabilitas 0,9 persen, Berkarya 0,7 persen, PSI 0,2 persen, PBB 0,2 persen, PKPI 0,1 persen, dan Garuda 0,1 persen

"Hanya Partai Perindo sebagai partai baru yang masih terbuka peluangnya untuk lolos PT. Partai baru lainnya, seperti Partai Garuda, Partai Berkarya, dan PSI, harus kerja lebih keras dan butuh keajaiban untuk lolos PT," kata Rully.

Dalam rilis tersebut dimuat pertanyaan, jika Pemilihan Nasional berlangsung hari ini partai apakah yang akan dipilih Bapak/ Ibu Hasilnya, Partai Perindo berada di urutan enam besar dengan elektabilitas sebesar 3,9 persen.

Survei ini berlangsung pada 18-26 Maret 2019 dengan 1.200 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi dengan metode multistage random sampling.  Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,8 persen.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.