Sukses

Kabupaten Luwu dan Kendari Diguncang Gempa Hari Ini

Gempa yang terjadi pada hari ini masing-masing terdeteksi pada pukul 05.37 WIB dan pukul 07.38 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat hari ini dua wilayah Indonesia diguncang gempa. Gempa pertama terjadi di Kendari, Sulawesi Tenggara, sedangkan lindu kedua dirasakan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Gempa yang terjadi pada hari ini masing-masing terdeteksi pada pukul 05.37 WIB dan pukul 07.38 WIB. Kekuatan lindu terbilang kecil dan tidak berpotensi tsunami.

Meski begitu, getaran yang dirasakan meluas hingga ke sejumlah wilayah. Gempa di Kediri, guncangannya terasa hingga empat kecamatan, yaitu Puwatu, Baruga, Kadia, dan Kelurahan Anduonoho. 

Sementara itu, pusat kedua gempa dilaporkan sama-sama terjadi di darat. Berikut dua gempa yang dirasakan di Kota Kendari dan Luwu hari ini, Sabtu (6/4/2019):

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Kendari

Gempa bmagnitudo 2,2 mengguncang Kota Kendari pada pukul 05.37 WIB, Sabtu (6/4/2019). 

BMKG menginformasikan pusat gempa berada di darat atau 16 kilometer Barat Daya Kendari. Sementara kedalamannya mencapai 9 kilometer. 

Ada pun lokasi gempa dilaporkan pada koordinat 4,1 Lintang Selatan (LS) dan 122,58 Bujur Timur (BT). 

3 dari 3 halaman

Gempa di Kabupaten Luwu

Sementara, gempa kedua terjadi di Kabupaten Luwu. Gempa magnitudo 3,1 terjadi pada pukul 07.38 WIB. 

Sama seperti Kendari, pusat gempa terdeteksi di darat dengan kedalaman 31 kilometer. Atau berada pada 26 km barat aut Luwu.

Sementara itu, lokasi gempa berada pada koordinat 2,35 (LS) dan 121,14 (BT). Gempa tak berpotensi tsunami. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Luwu

  • Gempa Kendari