Cerita Sukses Pria di Bekasi Jadi Seniman Pembuat Organ Tubuh untuk Film

Cerita Sukses Pria di Bekasi Jadi Seniman Pembuat Organ Tubuh untuk Film

Meski hanya tamat sekolah dasar (SD), seorang pria asal Kota Bekasi, Jawa Barat, sukses menjadi salah satu seniman special effect make up prostetik untuk film.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (5/4/2019), film sebagai sebuah karya seni akan terlihat sangat hidup jika disisipi efek yang memadai, terutama film bergenre horor atau aksi.

Dengan tambahan efek, film akan terasa nyata dan penonton akan dibuat larut di dalamnya.

Ada salah satu orang di Indonesia yang menghasilkan karya untuk penunjang efek film. Dia adalah Sarwo Edy. Pria yang sering dipanggil Kocom ini merupakan seorang seniman make up prostetik atau seni yang membuat anggota tubuh buatan tampak seperti nyata.

Lewat karya seni tersebut, Kocom yang pernah merasakan kerasnya hidup di jalan mampu menghidupi keluarganya.

"Ide membuat seni ini saya pikirkan saat masih hidup di jalan. Modal saya hanya tidak mau bikin orang kecewa," ujar Kocom.

Karya yang dibuat pun beragam. Bagian tubuh manusia, bentuk, dan warnanya disesuaikan pesanan pelanggan. Dia mengaku tak punya ilmu khusus dan hanya mengandalkan internet sebagai guru sekaligus inspirasinya.

"Ya saya mencari tahu aja. Kalau bikin produksi biar laku tuh seperti apa. Saya sambil bereksperimen," tambah Kocom.

Berbagai karya Kocom penah dipakai di beberapa film nasional. Sebut saja The Raid, Pengabdi Setan, dan Marlina Empat Babak.

Kocom tak segan berbagi ilmu tentang seni prostetik yang diperolehnya berdasarkan pengalaman. Perjuangan hidup Kocom pun menginpirasi banyak orang.

"Dia itu ulat dan pantang menyerah. Mau mencoba hal baru. Saya sangat terinspirasi," aku Awang, sahabat Kocom.

Kocom adalah contoh bahwa perjuangan dan kerja keras bisa meruntuhkan batas yang dianggap mustahil.

"Ya berusaha. Saya tidak menyalahkan orangtua karena tidak mampu membiayai sekolah dan hidup. Saya berusaha untuk mencukupi hidup," tutup Kocom.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 05 April 2019, 15:03 WIB

Video Terkait

Spotlights