Sukses

Amien Rais Merasa Dirugikan dengan Kebohongan Ratna Sarumpaet

Amien Rais menjadi saksi dalam sidang kasus hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menjadi saksi dalam sidang kasus hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Amien mengaku dirugikan dengan kebohongan Ratna Sarumpaet yang mengaku dianiaya ternyata melakukan operasi plastik.

"Apakah Anda merasa dirugikan karena pengakuan RS bohong?" tanya hakim, Kamis (4/4/2019).

"Ya jelas, artinya kita sudah menyampaikan sesuatu yang seperti itu tapi yang bersangkutan itu tidak seperti itu, saya minta maaf jadi logikanya seperti itu Pak. Terima kasih," jawab Amien Rais.

Jaksa pun sempat bertanya kepada Amien Rais apakah dirinya kecewa dengan apa yang dilakukan Ratna Sarumpaet.

Amien Rais menjawab, "Iya kecewa berat menngapa seperti itu sampai ada bermacam teori. Ini mungkin ada kekuatan spiritual atau apa menyebabkan kemudian berpikirnya tidak logis dan sebagainya. Tapi yang jelas kami tetap bahwa telah terjadi penipuan."

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Punya HP

Amien mengaku mengetahui kabar penganiayaan yang menimpa Ratna Sarumpaet dari salah satu media online dan media berbagi video yang diaksesnya pada 2 Oktober 2018.

"Ada berita tentang Ratna Sarumpaet dianiaya dan kemudian waktu itu juga lihat Youtube. Kelihatan bu Ratna keadaan wajah seperti kena penganiayan berat," ucap Amien Rais.

Mendengar pernyataan Amien Rais, hakim pun bertanya terkait foto-foto lebam yang beredar di media sosial. "Awalnya tahu di detik.com, kemudian di Youtube. Apakah saksi dikirimin gambar juga?" tanya hakim.

Amien pun menjawab, bahwa dia sama sekali tidak mempunyai foto-foto lebam Ratna Sarumpaet. Sebab, selama ini dia mengaku tidak pernah memakai handphone.

"Sama sekali gak punya WhatsApp. Karena sudah 20 tahun saya tidak punya handphone," ucap Amien.

Hakim kembali mempertegas apakah Amien Rais memliki handphone. "Handphone ada?" tanya hakim. Sekali lagi dia menjawab, dirinya tak mempunyai handphone. 

"Enggak, saya enggak punya handphone," jawab Amien lagi. 

Majelis hakim kembali melemparkan pertanyaan. "Lihat Youtube darimana," kata Hakim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.