Sukses

Mulai Beroperasi, Ini 4 Fakta Menarik Mengenai MRT Jakarta

Selama bulan April ini, Pemprov DKI memberikan diskon sebanyak 50 persen bagi warga yang ingin menggunakan MRT.

Liputan6.com, Jakarta - Mass Rapid Transit (MRT) resmi beroperasi secara komersial, Senin (1/4/2019). Bahkan untuk menarik warga agar segera beralih ke moda transportasi baru ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan potongaan harga sebesar 50 persen dari tarif yang telah ditentukan, yakni Rp 15 ribu.

"Gubernur Provinsi DKI Jakarta telah menyetujui usulan PT MRT Jakarta untuk memberikan diskon sebesar 50 persen selama bulan April 2019," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3/2019).

Harga kartu MRT single trip tersebut bersifat deposit. Seperti halnya kartu commuter line, pengguna MRT dapat melakukan refund atau dikembalikan begitu sampai di stasiun tujuan.

Sementara itu, untuk jam oprasional MRT akan mulai diberangkatkan dari Stasiun Lebak Bulus, pada pukul 05.30 WIB. Sedangkan, kereta terakhir berangkat dari Stasiun Bundaran HI ke Lebak Bulus pada pukul 22.01 WIB.

Berikut fakta-fakta menarik MRT Jakarta yang mulai beroperasi hari ini;

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diskon 50 Persen

Meski telah berbayar, selama bulan April ini, Pemprov DKI memberikan diskon sebanyak 50 persen bagi warga yang ingin menggunakan MRT.

Menurut Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, potongan sebesar 50 persen tersebut telah disetujui oleh Gubernur Anies Baswedan.

Lantas apa alasan Anies hingga memberikan potongan harga sebesar itu? Selain mendorong lebih banyak lagi warga yang menggunakan MRT, mantan Menteri Pendidikan ini berharap sosialisasi mengenai penggunaan MRT Jakarta dapat dilakukan secara lebih luas dan lebih dipahami masyarakat.

Ada pun alasan Anies selanjutnya, dia ingin masyarakat Ibu Kota terlibat dalam upaya mengubah budaya dalam bertransportasi publik yang baik. 

 

3 dari 5 halaman

Begini Cara Bayar MRT

Lalu seperti apa metode pembayaranya?

Mekanisme pembayaran dalam menggunakan MRT Jakarta yaitu dengan menggunakan Kartu Jelajah MRT Jakarta Single Trip, Kartu Jaklingko dan kartu uang elektronik bank (E-Money, Brizzi, Tapcash, Flazz, Jakcard).

Kartu Jelajah MRT Jakarta Single Trip dapat dibeli di mesin tiket otomatis maupun loket tiket yang ada di seluruh Stasiun MRT Jakarta dengan harga Rp 15 ribu.

Kamaluddin menambahkan, uang Rp 15.000 tersebut merupakan deposit yang nantinya bisa dikembalikan (refund) jika penumpang telah tiba di stasiun tujuan.

"Jika penumpang mengembalikan kartu tersebut harus ke loket tiket di stasiun MRT Jakarta selama periode masa berlaku kartu atau 7 hari," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Jarak Kedatangan 5 Menit Sekali

Selama satu bulan ini, hanya ada delapan rangkaian yang dioperasikan. Pembayaran secara full akan diberlakukan setelah 16 rangkaian kereta dioperasikan secara keseluruhan.

"Sebenarnya secara operasional juga belum lengkap. Karena Ratangga yang beroperasi ada delapan dari 16 (rangkaian), jadi masih beroperasi secara separuh kapasitas," kata Anies Baswedan di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2019).

Anies menyebut bila nanti 16 rangkaian telah beroperasi secara keseluruhan jarak kedatangan satu rangkaian kereta hanya berselang 5 menit saja.

 

5 dari 5 halaman

Pengguna MRT Bisa Manfaatkan Google Maps

Fakta menarik lainnya dari MRT Jakarta, para pengguna moda transportasi ini telah dimudahkan dengan fitur Transit yang sudah tersedia di Google Maps.

Dari informasi mengenai rute, jadwal, hingga waktu tiba dari MRT telah tersedia di Google Maps. Pengguna cukup mengisi lokasi asal dan tujuan untuk mendapatkan informasi rute dan nama stasiun yang harus didatangi.

"Kami mengapresiasi inisiatif Google Maps untuk terus membantu dengan menambahkan informasi seputar MRT Jakarta. Melalui dukungan fitur ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas layanan MRT Jakarta," jelas Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin.

Untuk mengetahui cara lengkap mengetahui informasi perjalanan menggunakan MRT Jakarta, berikut ini langkah mudah mengakses informasi tersebut.

1. Buka aplikasi Google Maps di iPhone, Android, dan desktop.

2. Masukkan destinasi dan klik ikon berwarna biru di kanan bawah layar.

3. Lalu, pilih ikon 'Transit' (gambar kereta) untuk melihat waktu tiba, nama stasiun, rute, dan informasi lain.

4. Pengguna juga dapat menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.