Sukses

PSI Beri Predikat Gabut Award untuk DPR

Award ini adalah keprihatinan atas kehadiran anggota yang sangat rendah, jumlah UU yang diselesaikan juga sangat rendah.

Liputan6.com, Jakarta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberikan penghargaan 'Gabut' atau Gabut award pada lembaga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Award itu diberikan PSI karena DPR dinilai memiliki kinerja yang buruk selama lima tahun menjadi wakil rakyat di Senayan.

"Jadi award ini adalah keprihatinan atas kehadiran yang sangat rendah, jumlah UU yang diselesaikan juga sangat rendah, dan ada beberapa hal lain," kata Perwakilan Tim 'Bersih-Bersih DPR' PSI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/4).

Di tempat yang sama perwakilan Tim 'Bersih-Bersih' DPR lainnya, Sigit Widodo menilai kualitas anggota DPR menurun sejak era reformasi. Hal itu, terlihat dari banyaknya rancangan atau revisi Undang-Undang yang disahkan dan tingkat kehadiran sidang.

"Kita melihat sendiri bagaimana di paripurna kemarin hanya datang 24, padahal absen 293 orang. Kemudian juga tahun lalu DPR hanya mampu meloloskan 5 UU dari 50 RUU. Padahal anggaran terus naik, tapi kualitas dan kuantitas terus menurun," ujar Sigit.

Karena berbagai faktor itu, Sigit berharap masyarakat tak lagi memilih anggota DPR yang sudah diketahui kualitas kinerjanya. hal tersebut akan membantu membersihkan DPR dari kepentingan sebelah pihak.

"Ini kan makanya DPR perlu dibersihkan dari kelompok yang hanya ingin berkuasa untuk kepentingan sendiri tanpa memikirkan kepentingan bangsa," ucapnya. Adapun Award ini belum diterima oleh para pimpinan DPR. Meski begitu, PSI akan tetap memberikan award tersebut lain waktu.

 

Repoter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.