Sukses

Tarif MRT Mahal, Anies: Lebih Murah Mana dengan Naik Ojek?

Anies menjelaskan dengan tarif Rp 14 ribu, penumpang mendapat kenyamanan dan dijamin tepat waktu mencapai tempat tujuan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara mengenai anggapan tarif maksimal Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Rp 14 ribu yang dianggap mahal oleh sebagian masyarakat. Dia menyebut mahal tidaknya tarif dapat dilihat dari perbandingan dengan transportasi lainnya.

Anies membandingkan tarif MRT Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan transportasi online dengan rute yang sama.

"Jadi komparasinya itu bukan Rp 0 dan Rp 14 ribu, komparasinya itu Anda mau naik apa. Baik ojek ada biayanya dihitung berapa, kemarin keputusannya berapa ojek? Rp 2 ribu. Jarak 16 kilometer dikali Rp 2 ribu, berapa ? Oke murah mana," kata Anies di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis, 28 Maret 2019.

Tak hanya itu, Anies menjelaskan dengan tarif Rp 14 ribu, penumpang mendapat kenyamanan dan dijamin tepat waktu mencapai tempat tujuan.

Sedangkan bila menggunakan kendaraan pribadi, Anies mengatakan masyarakat harus memikirkan keperluan lainnya, mulai dari bahan bakar serta tarif parkir.

"Jadi, ongkos itu saya udah diperhitungkan ability to pay dan wilingnes to pay. Nah kalau misalnya dibandingkan dengan moda lain, terprediksi waktunya nyaman di perjalanan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tarif MRT

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta telah menyepakati tarif MRT Jakarta berdasarkan jarak antar stasiun mulai Rp 3 ribu dan maksimal Rp 14 ribu pada Selasa, 26 Maret 2019.

Kesepakatan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi di gedung DPRD DKI Jakarta.

Berikut rincian bila perjalanan dari Lebak Bulus ke Bundaran HI:

- Lebak Bulus-Fatmawati: Rp 4 ribu

- Lebak Bulus-Cipete Raya: Rp 5 ribu

- Lebak Bulus-Haji Nawi: Rp 6 ribu

- Lebak Bulus-Blok A: Rp 7 ribu

- Lebak Bulus-Blok M: Rp 8 ribu

- Lebak Bulus-ASEAN: Rp 9 ribu

- Lebak Bulus-Senayan: Rp 10 ribu

- Lebak Bulus-Istora: Rp 11 ribu

- Lebak Bulus-Bendungan Hilir: Rp 12 ribu

- Lebak Bulus-Setiabudi: Rp 13 ribu

- Lebak Bulus-Dukuh Atas: Rp 14 ribu

- Lebak Bulus-Bundaran HI: Rp 14 ribu

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.