Sukses

3 Fakta Pemuda yang Diamankan Saat Jadi Pilot Gadungan

Karena curiga, pilot asli Garuda Indonesia melaporkan ke petugas Avsec.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang pilot mungkin dambaan bagi sebagian orang. Tak terkecuali seorang pemuda bernama Alvin Adithya.

Dengan rasa percaya diri tinggi, Alvin yang mengenakan pakaian pilot lengkap melenggang masuk ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Dia bahkan menggunakan ID Air Crew Garuda Indonesia (GA) saat diamankan petugas di Security Check Point (SCP) 2 Terminal 3.

Gerak-gerik Alvin mungkin terlihat biasa. Namun tidak bagi Captain Pilot GA bernama Andre. Dia mendekati Alvin dan mengajaknya berbincang.

Karena curiga, ia lantas melaporkan Alvin ke petugas Aviation Security (Avsec) untuk mengamankannya.

Berikut fakta-fakta Alvin diduga menjadi pilot gadungan dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kecurigaan Pilot Asli

Gerak-gerik seorang pemuda yang berpakaian ala pilot Garuda Indonesia terlihat mencurigakan. Walau sebenarnya, tidak ada yang aneh dengan penampilannya.

Berkemeja putih, dasi biru, dan bertopi pilot. Dia juga membawa koper seperti yang sering digunakan pilot pada umumnya.

Namun, gerak-gerik pemuda bernama Alvin Adithya itu tidak bisa membohongi mata seorang kapten pilot Garuda. Kapten pilot ini kemudian menghampirinya dan bertanya kepada Alvin.

Jawaban Alvin, menurut kapten pilot tersebut, mencurigakan dan menunjukkan seolah dia bukanlah pilot. Oleh karena itu, kapten pilot itu langsung melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian.

Pilot gadungan itu kemudian ditangkap pada saat melakukan check in di Bandara Soekarno Hatta, pukul 11.40 WIB, Jumat 22 Maret 2019.

"Atas kejadian tersebut, Kapten Andre segera melaporkan ke Avsec GP yang berada di depan SCP2. Selanjutnya dilaporkan ke Polresta Bandara," kata Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Victor Togi Tambunan.

 

3 dari 4 halaman

2. Terobsesi Jadi Pilot

Polisi mengatakan Alvin sangat terobsesi dan ingin menjadi seorang pilot. Dia bahkan sempat mendaftar sekolah penerbangan.

"Yang bersangkutan mengaku terobsesi untuk jadi pilot. Sewaktu lulus SMA, sempat daftar sekolah pilot namun gagal," jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta, Kompol James Hasudungan Hutajulu menambahkan, pihaknya tak menemukan benda mencurigakan seperti narkotika pada diri Alvin. Sejauh ini, Alvin hanya kedapatan berpura-pura sebagai pilot saja.

"Yang terjadi adalah ada penumpang menggunakan seragam pilot dan name tag Garuda. Dia tidak membawa narkotika. Yang bersangkutan adalah penumpang GA tujuan Semarang," pungkas James.

 

4 dari 4 halaman

3. Terancam Dipenjara 6 Tahun

Alvin yang berusia 18 tahun ini berpura-pura menjadi pilot Garuda Indonesia. Ia datang ke Bandara Soekarno-Hatta dengan atribut pilot lengkap beserta ID Cardnya.

Pada awalnya tidak ada yang mencurigai aksinya tersebut. Sampai akhirnya, salah satu Kapten Pilot yang sedang tidak bertugas memergoki aksinya dan membawanya untuk diinvestigasi lebih lanjut.

Akibat aksinya menjadi pilot gadungan, membuatnya menjadi tersangka atas tuduhan pemalsuan dokumen dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.