Sukses

JK: Tarif MRT Merupakan Jalan Tengah

Menurut JK, angka tersebut sudah sesuai dengan kemampuan Pemprov DKI membayar subsidi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut tarif Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sebesar Rp 8.500 atau Rp 10.000 merupakan jalan tengah. Menurut dia, angka tersebut sudah sesuai dengan kemampuan Pemprov DKI membayar subsidi.

"Jadi saya kira pilihan antara Rp 8.500- Rp 10.000 itu sudah suatu jalan tengah antara murahnya angkutan lain dan kelebihannya. Juga pada kemampuan kita di DKI khususnya ada pemerintah membayar subsidi besar," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

JK mengatakan, idealnya tarif MRT Jakarta tak terlalu mahal. Jika terlalu mahal maka warga lebih memilih menggunakan transportasi lain seperti TransJakarta daripada MRT.

"Kalau terlalu tinggi maka orang akan tetap di busway apalagi busway itu jalurnya panjang, banyak, sedangkan MRT masih terbatas. Tapi kalau terlalu murah juga subsidi semakin tinggi, kita juga tidak bisa membangun 200 km kalau subsidinya terlalu tinggi," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlaku 1 April 2019

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi telah menetapkan tarif MRT Jakarta. Besaran tarifnya adalah Rp 8.500. Tarif ini akan mulai berlaku pada 1 April 2019 mendatang.

"Nominal (tarif MRT) Rp 8.500 setuju. LRT Jakarta Rp 5.000 setuju," katanya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (25/3/2019).

Tarif MRT yang ditetapkan DPRD DKI lebih rendah dari usulan Pemprov DKI Jakarta, yakni Rp 10.000 untuk MRT dan Rp 6.000 untuk LRT.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla