4 Hal soal Kelakuan Masyarakat Jajal MRT Jakarta yang Viral

Oleh Devira Prastiwi pada 27 Mar 2019, 06:33 WIB
Diperbarui 29 Mar 2019, 06:13 WIB
Media Jepang Soroti Tingkah Laku Nyeleneh Penumpang MRT Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta fase pertama sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Minggu, 24 Maret 2019.

Meski sudah diresmikan, MRT Jakarta fase pertama rute Bundaran HI-Lebak Bulus ini masih beroperasional secara gratis atau nonkomersial hingga 31 Maret 2019.

Seluruh masyarakat pun berbondong-bondong mencoba moda transportasi impian Indonesia ini. Namun sangat disayangkan, ada saja tingkah laku aneh masyarakat.

Pada beberapa foto dan video yang viral di media sosial menunjukkan aksi nyeleneh mereka. Salah satunya adalah bergelantungan di pegangan MRT.

Berikut 4 hal soal tingkah laku masyarakat saat menjajal MRT Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

2 of 6

1. Berbagai Pose

Media Jepang Soroti Tingkah Laku Nyeleneh Penumpang MRT Jakarta
Tingkah nyeleneh (Sumber: asahi)

Setelah diuji cobakan kepada masyarakat sejak 12 Maret lalu, berbagai respons ditunjukkan melalui potret penumpang MRT Jakarta.

Respons positif ditunjukkan oleh beberapa orang yang membagikan kesan pertama menaiki MRT berupa kenyamanan yang ditawarkan MRT melalui akun media sosial mereka.

Namun, bukan berarti seluruh lapisan masyarakat mampu memanfaaatkan fasilitas uji coba MRT dari pemerintah. Pasalnya, banyak ditemukan penumpang MRT yang bergelantungan di dalam kereta.

Bahkan, tidak sedikit yang berpose menginjak kursi kereta hanya demi sebuah foto. Selain itu ada sejumlah penumpang yang menikmati makan secara lesehan di stasiun MRT Jakarta.

 

3 of 6

2. Ditanggapi Menhub

Tiba di Surabaya, Jelajah Kebangsaan Dihadiri Menhub dan Wagub Jatim
Menhub Budi Karya Sumadi memberi pemaparan dalam dialog Jelajah Kebangsaan di Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/2). Dialog bertema 'Mengikuti Semangat Arek Surabaya dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045'. (Liputan6.com/JohanTallo)

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi juga menyayangkan perilaku penumpang mrt yang viral di media sosial. Budi mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera mengevaluasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan.

"Kita evaluasi, yang pertama adalah lifestyle dari masyarakat, jadi memang ini kami melihat ada masyarakat yang kurang tertib lah ya, makan di stasiun, gelantungan, itu viral ya," ujarnya saat menghadiri acara peresmian MRT Jakarta, Minggu, 24 Maret 2019.

Selain Menhub, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho juga turut mengomentari hal tersebut.

Melalui akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN, ia memberikan tanggapan mengenai tingkah laku masyarakat Indonesia yang kurang menghargai fasilitas yang diberikan pemerintah.

"Mirisnya kita dengan perilaku seperti ini. Bergelantungan & menginjak kursi di MRT hanya demi foto selfie. Seolah belum mengenal etika moral, sopan santun dan rasa memeliharai fasilitas publik. Pengetahuan memang meningkat tapi sikap dan perilaku masih rendah." tulis Sutopo.

Perilaku yang tidak pantas tersebut tak ayal membuat Sutopo terheran-heran mengingat para penumpang dalam foto yang tersebar bukanlah anak-anak. Pasalnya, pelakunya justru para remaja yang sepatutnya memahami apa itu tata krama.

 

4 of 6

3. Gubernur DKI Jakarta Anggap Normal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjajal integrasi antara halte Transjakarta dengan Stasiun MRT Jakarta.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjajal integrasi antara halte Transjakarta dengan Stasiun MRT Jakarta. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat dapat bijaksana dalam menilai tingkah para penumpang MRT yang belakangan viral di social media.

Dalam proses perkembangan era teknologi, tampilnya berbagai sikap masyarakat dalam menghadapinya memang selalu beragam dan hal itu terbilang normal.

"Ini ada proses pembelajarannya, mari kita lakukan sama-sama proses pembelajaran itu. Kita-kita dulu waktu pertama kali naik pesawat juga lucu kok, pertama kali naik kereta juga lucu. Ini pertama kali ada stasiun bawah tanah, jadi saya merasa ini suatu proses yang normal," kata Anies di kantor Wali Kota, Jakarta Barat, Selasa, 26 Maret 2019.

Menurut Anies, akan lebih baik masyarakat menjaga kebersamaan tanpa ada bentuk merendahkan, menghina, ataupun mengejek tingkah penumpang MRT Jakarta yang dinilai kontroversial. Kembali lagi, dia menekankan adanya bagian dari proses pembelajaran.

"Kita semua mengalami proses pembelajaran. Tidak semua orang pernah naik kendaraan apa pun. Ada yang baru naik pesawat pertama kali juga ada di bangsa kita ini," jelas dia.

Pada akhirnya, keberadaan MRT Jakarta akan membawa pola pembiasaan terhadap pengguna moda transportasi tersebut lewat keberadaan tata tertib dan aturan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian mengimbau seluruh masyarakat dapat melewati proses itu dengan turut menyebarkan informasi positif tanpa harus menyebarluaskan foto-foto bernada negatif.

"Sama sekali jangan pernah direndahkan. Justru kalau melihat seperti itu, yuk kita beritahu caranya. Saya miris betul melihat difoto, diejek, diviralkan, dengan wajah yang ada di situ, tak baik itu," Anies menandaskan.

 

5 of 6

4. Disoroti Media Jepang

Media Jepang Soroti Tingkah Laku Nyeleneh Penumpang MRT Jakarta
Tingkah nyeleneh (Sumber: asahi)

Media Jepang itu mengeluarkan berita mengenai tingkah nyeleneh penumpang MRT Jakarta ini dengan judul "Throw Away On The Foot... Controversy In The Jakarta Subway". Tentu saja berita dari media Asahi.com ini cukup menghebohkan media sosial.

Bahkan media Jepang ini pun memberikan hashtag #MRTJKT, sehingga berita ini menjadi viral. Kelakuan kurang baik yang dilakukan oleh penumpang ini pun menuai kritikan dari media tersebut. Bukan hanya itu saja, banyak pula warganet yang menganggap tindakan tersebut kurang sopan.

Beberapa tingkah laku penumpang MRT Jakarta yang menjadi sorotan media Jepang, baik di dalam gerbong ataupun di stasiun MRT.

Pertama, bergelantungan di dalam gerbong. Kedua, menginjak kursi MRT. Ketiga, buang sampah sembarangan.

Keempat, penumpang yang berdesakkan saat hendak masuk MRT, bukan malah mengantre. Terakhir, stasiun MRT jadi tempat piknik.

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait