Sukses

Ratna Sarumpaet Keluhkan Sel Rutan yang Sempit, Ini Respons Polisi

Argo menegaskan, siapa pun yang bersalah dan dimasukkan ke dalam tahanan jangan berharap hidup seperti tidur di rumah sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Polda Metro Jaya membantah tak ada udara keluar masuk di dalam sel rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya tempat Ratna Sarumpaet ditahan. Sebab, rutan itu dibangun sesuai dengan aturan dari Kemenkumham.

"Yang tidak ada ventilasi rutan atau kamarnya? Saya tanya dulu nih. Namanya rutan di Polda Metro Jaya sudah ada dari Skep Kemenkumham. Rutan Polda Metro Jaya itu ada fasilitas olahraga, ada fasilitas untuk berkumpul, ada taman, ada tempat untuk istirahat sorenya, itu ada semua," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa (26/3/2019).

"Kira-kira ada udara enggak di situ? Ada udara untuk sirkulasi ya. Untuk sel itu depannya jeruji. Ada angin masuk enggak? Nah, kira-kira gimana?" sambung dia.

Dalam hal ini, Argo menegaskan, siapapun yang bersalah dan dimasukkan ke dalam tahanan jangan berharap hidup seperti tidur di rumah sendiri. Di mana para penghuni akan dibina agar tak mengulangi perbuatannya kembali. Termasuk Ratna Sarumpaet.

"Kalau kita mau disamakan dengan rumah pribadi ya enggak bisa. Yang namanya rutan semuanya kan ada fasilitas yang ditentukan. Misal jatah makan ada. Jatah besuk pun ada. Jadi memang di tempat untuk rutan bukan untuk pindah tidur tapi untuk dilakukan pembinaan juga. Jangan sampai melakukan tindak pidana kembali," pungkas Argo.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluhan Ratna

Sebelumnya, terdakwa kasus penyebaran berita bohong alias hoaks Ratna Sarumpaet mengeluhkan kondisi Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya. Ratna menjelaskan, situasi di Rutan Polda Metro Jaya bisa memperburuk kondisi kesehatan. Ratna pun menggambarkannya.

"Kondisi tahanan tidak ada ventilasi dan ruangannya sempit. Itu saja," ucap Ratna, Selasa (26/3/2019).

 

Reporter: Ronald

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.