Ratna Sarumpaet: Saya Sudah Cantik dari Lahir

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 26 Mar 2019, 20:58 WIB
Ratna Sarumpaet

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa Ratna Sarumpaet memberikan sanggahan soal langkah operasi plastik yang dilakukannya dan berakhir dengan cerita penganiayaan. Lewat pernyataan tegasnya, Ratna mengatakan dirinya sudah cantik sedari lahir.

"Mengenai mempercantik, saya rasa saya sudah cantik dari lahir," tegas Ratna di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).

Keberatan itu disampaikan lantaran majelis hakim kerap mencecar saksi dokter bedah plastik RS Bina Estetika, dokter Sidik Setiamihardja, SpB SpBP, yang dihadirkan.

Menurut ibunda Atika Hasiholan ini, hakim mencoba mengorek apa yang tidak dilakukan Ratna, seperti tindakan memotong hidung ataupun dagu.

"Jadi yang dilakukan adalah face lift dan sedot lemak. Jadi tidak ada memotong hidung memotong dagu," tegas Ratna Sarumpaet.

Secara pribadi dia menyampaikan rasa permohonan maafnya kepada sang dokter karena ikut terseret ke kasus hoaksnya. Dia pun meminta kepada majelis untuk tidak turut menyalahkan Dokter Sidik atas perbuatannya.

"Saya yang harus saya minta maaf kepada dokter Sidik. Jangan terkesan dokter Sidiq disalahkan. Tidak ada yang salah dari apa yang dia lakukan," kata Ratna.

"Kita tidak menyalahkan. Saya hanya menegaskan kebenaran yang diberikan di ruang penyidikan," jawab Ketua Majelis Hakim Joni.

2 of 3

Putar Rekaman CCTV

Pada persidangan yang sama, majelis hakim memutar rekaman CCTV di sidang lanjutan kasus penyebaran berita bohong yang menjerat terdakwa Ratna Sarumpaet. Ibu dari Atiqah Hasiholan itu membenarkan sosok dalam kamera pengawas milik RSK Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat itu adalah dirinya.

Ratna turut menjelaskan video yang ditampilkan di ruang sidang.

"Itu proses saat pulang dari rumah sakit," ucap Ratna.

Sebelumnya, CCTV direkam ulang oleh penyidik bernama Niko Purba dan dipertontonkan di persidangan. Gambar menampilkan rekaman pada 24 September 2019 sekira pukul 21.00 WIB.

"CCTV yang ter-record oleh saya. Jadi pada saat ke rumah sakit, saya rekam pakai handphone dan saya simpan ke flashdisk, saya jadikan barang bukti," ucap Niko.

Dalam CCTV yang diputar telihat Ratna Sarumpaet memakai baju putih, celana jeans, dan kerudung biru. Ratna juga membawa tas jinjing. Ia keluar dari RSK Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat dan langsung naik taksi.

"Saya konfirmasi itu ke sekuriti adalah bu Ratna keluar setelah rawat inap, dan keluar naik taksi," ucap dia.

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓