Sukses

MTQ Tingkat Provinsi Banten di Kota Tangerang Berbasis Teknologi 4.0

Menyambut Industri 4.0, perlombaan MTQ XVI yang menyerukan ajaran Islam tersebut dilaksanakan menggunakam teknologi berbasis online.

Liputan6.com, Tangerang - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI Provinsi Banten dilaksanakan dengan menyesuaikan generasi milenial yang ketagihan dengan teknologi canggih. Kota Tangerang selaku tuan rumah sengaja mendekatkan Alquran berbasis teknologi pada penyelenggaraan MTQ tahun ini.

Menyambut Industri 4.0, perlombaan MTQ XVI yang menyerukan ajaran Islam tersebut dilaksanakan menggunakam teknologi berbasis online. Mulai dari pendaftaran, hingga pelaksanaan perlombaan yang dimulai sejak hari ini, Selasa (26/3/2019).

"Pendaftaran secara online melalui e-MTQ. Peserta yang didaftarkan tidak dapat dimanipulasi karena berbasis NIK atau Nomor Induk Kependudukan," kata Ketua Koordinator Dewan Hakim Syibli Syarjaya, di Tangerang, Selasa (26/3/2019).

Lanjutnya, sistem perlombaan menggunakan e-Maqro, yakni, soal-soal yang diberikan kepada peserta berbasis elektronik dan diacak secara otomatis. Selanjutnya, nilai hasil peserta akan dimasukkan ke sistem IT Musabaqah dan diunggah ke situs resmi.

"Seluruh penampilan peserta dapat disaksikan melalui live streaming media berbagi video YouTube melalui akun LPTQ Banten," jelas Syibli

MTQ XVI Provinsi Banten resmi dibuka dan berlangsung megah juga futuristik. Diawali dengan defile para peserta MTQ dari delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten serta penampilan kolosal dengan dukungan tampilan video mapping.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengutarakan kemegahan dan kemeriahan Pembukaan MTQ XVI harus berbanding lurus dengan hasil qori dan qoriah terbaik di Provinsi Banten.

"Rasanya pembukaan MTQ tingkat nasional yang tahun lalu berlangsung di Medan kalah sama MTQ Banten tahun ini. Teknologi diperkenalkan di pembukaan MTQ tahun ini oleh Kota Tangerang," kata Wahidin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagai Acara Keagamaan

MTQ XVI Provinsi Banten dilaksanakan pada 25-29 Maret 2019 dalam tema MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten Meneguhkan Ukhuwah Islamiyah dan Islam Moderat dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selama penyelenggaraan dimeriahkan dengan berbagai acara keagamaan, pameran pembangunan, pasar rakyat, dan warung amal di setiap tempat perlombaan.

MTQ XVI tingkat Provinsi Banten melombakan 10 cabang yakni, tilawah Quran, qiraat Quran, tahfidz Quran, tafsir Quran, fahmil Quran, syarhil Quran, khottil Quran, makalah Quran, hifdzil hadits dan qiraatul kutub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.