Bukit Kapur di Jember Longsor, 2 Pekerja Luka-luka

Oleh Maria Flora pada 26 Mar 2019, 08:03 WIB

Fokus, Jember - Perbukitan kapur di Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Jember, yang longsor terekam dalam video amatir. Material longsor tiba-tiba amblas dari puncak bukit setinggi sekitar 25 meter hingga membuat panik sejumlah orang.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (25/3/2019), longsor terjadi saat 15 pekerja tambang dari perusahaan PT Cahaya Putra sedang beraktivitas di bawahnya.

"Batu itu sudah runtuh dari Barat, pertama kecil lalu tambah besar," kata Muhammad Arif, salah satu pekerja yang selamat. 

Dalam peristiwa tersebut sebanyak 12 pekerja berhasil lari menyelamatkan diri, sedangkan dua pekerja mengalami luka-luka. Sementara, satu lainnya hilang diduga akibat tertimbun material longsor. 

"Dua pekerja mengalami luka-luka. Satu tangan kirinya mengalami patah, sedangkan satu lainnya mengalami luka lecet,"ucap Kapolsek Puger AKP Sudaryanto. 

Sementara itu, korban yang diduga masih hilang bernama Sucipto. Istri korban menangis histeris begitu mengetahui suaminya dikabarkan hilang tertimbun material longsor.

Dua korban luka dilarikan ke klinik Graha Puger Sehat. Selain menderita luka-luka akibat tertimpa bebatuan, kedua korban juga mengalami sesak nafas akibat debu material longsor.

Hingga Senin sore, Tim SAR gabungan yang dikerahkan ke lokasi belum bisa melakukan upaya pencarian satu pekerja lantaran terkendala peralatan dan kondisi medan yang masih rawan longsor.

"Kita akan gunakan alat berat, nanti kita akan komunikasikan lagi dengan perusahaan," jelas Dan Tim Basarnas Jember Prahista

Tim SAR rencananya akan melanjutkan upaya pencarian Selasa pagi dengan mendatangkan alat berat.