2 Gempa Hari Ini Mengguncang Sulteng dan Malut

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 24 Mar 2019, 19:07 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada dua wilayah Indonesia yang diguncang gempa hari ini, Minggu (24/3/2019). BMKG menyatakan, dua gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dua lindu itu terjadi di Poso Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Jailolo, Maluku Utara (Malut). Berikut ini laporannya:

1. Gempa Poso

Gempa dengan magnitudo 5,7 terjadi di Poso, Sulawesi Tengah. Berdasarkan catatan BMKG, gempa tersebut mengguncang pada pukul 08.32 WIB, Minggu (24/3/2019).

Pusat gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berada di 1,84 Lintang Selatan, 120,54 Bujur Timur. Tepatnya di 54 kilometer Barat Daya Poso, Sulawesi Tengah.

Warga desa Kuku, kecamatan Pamona Utara, kabupaten Poso, Feri Timparosa melaporkan saat gempa terjadi, pada umumnya gereja-gereja di kabupaten Poso sedang melaksanakan ibadah Minggu pagi.

"Para jemaat langsung panik dan berhamburan ke luar gedung gereja dengan teriak-teriak ketakutan," ujar Feri dan menambahkan, ibadah Minggu pagi akhirnya dilanjutkan di halaman gereja masing-masing.

Menurut Feri, meskipun kabupaten Poso tidak terdampak gempa bumi di kota Palu, kabupaten Sigi, Donggala dan parigi Moutong pada 28 September 2018, namun warga di daerah ini ikut trauma dengan dampak gempa yang diikuti tsunami dan likuefaksi tersebut.

"Guncangan gempa di Poso memang terasa cukup kuat, bahkan banyak benda dalam rumah warga sempat berjatuhan ke lantai," ujarnya.

 

2 of 3

2. Gempa Jailolo

Gempa dengan magnitudo 6,3 terjadi di Jailolo, Maluku Utara (Malut) terasa hingga Manado. Pengunjung sejumlah pusat perbelanjaan di Manado, Minggu (24/03/2019) siang, sekitar pukul 12.37 Wita, berhamburan keluar dari pusat-pusat perbelanjaan itu.

"Saya terpaksa meninggalkan counter Handphone yang saya jaga. Bahkan ada pembeli yang akhirnya tidak terlayani karena kami sudah berhamburan keluar," ungkap Melisa, karyawan salah satu counter Handphone di ITC Manado.

Melisa sedikit beruntung karena berada di lantai satu, dan langsung keluar ke jalan raya. Namun pengunjung dan pengelola usaha di pusat perbelanjaan yang berada di lantai 2 hingga 5, terpaksa berdesak-desakan dengan menggunakan lift maupun tangga.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut mengguncang pada pukul 11.37 WIB, Minggu (24/3/2019).

Pusat gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berada di 1,68 Lintang Utara, 126,37 Bujur Timur. Tepatnya di 139 kilometer Barat Laut Jailolo, Malut.

BMKG tidak menyatakan guncangan gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

Selain di Manado, BMKG juga mencatat, guncangan gempa di Jailolo terasa di Ternate, Weda, Tondano, Bitung, Tahuna, Siau, dan Bolang.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓