Sukses

Pisau Petualang Buatan Bogor Ini Menusuk Pasar Dunia

Pisau buatan Friyani yang diberi label AFW Knife kini sanggup menusuk dan menembus pasar internasional.

Liputan6.com, Bogor - Ruangan khusus berukuran 2,5 x 4 meter di rumah A. Wiradikarta Friyana di Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor terbilang lengkap. Ada tungku pembakaran baja, mesin pemotong besi, potongan kayu, potongan pelat baja, gerinda, ampelas, sampai beragam pisau setengah jadi.

Di belakang rumahnya itulah Friyana menyulap pelat baja menjadi pisau beraneka jenis dan ukuran. Tiap pagi hingga sore, Friyana sibuk di sana. Begitu juga saat hari libur.

Pisau, bagi Friyana, ibarat sahabat lama. Ia mengaku kecanduan memiliki benda tajam itu sejak masih remaja. Hobi berpetualang di alam bebaslah yang mempertemukan keduanya.

"Saya suka pisau dan mengoleksinya untuk berpetualang," kata Friyana.

Kali ini dia tak puas hanya mengoleksi pisau. Friyana mencoba membuat pisau sendiri dengan alat seadanya pakai gerinda tangan dan asal tajam saja.

Ia pun makin tertarik memperdalam kemampuannya dari membaca literatur maupun pengetahuan yang didapat dari teman-temannya. Melalui youtube, ia melihat teknik pembuatan pisau dengan cara menempa dan peralatan penunjang lainnya.

"Dari melihat video-video saya mulai membuat 1-2 buah pisau saja," kata dia.

Tak sampai disitu, dia juga belajar metalurgi atau sifat-sifat kimia dari logam dan cara memanfaatkan logam untuk kegunaan sehari-hari. Misalnya, komposisi baja sekaligus pengolahannya.

Friyana juga memilih bahan baku baja yang komposisi karbonnya sangat tinggi, sehingga awet tajam, tidak berkarat, dan kuat. Bahan baku yang digunakan berasal dari Amerika, Swedia, Jerman, dan Jepang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulut ke Mulut

Friyana mengenalkan produk buatannya lewat Facebook dan mulut ke mulut. Kesan dari orang yang pernah memesan ternyata menarik orang lain untuk ikutan memesan pisau ke Friyana.

Apalagi, dia bisa membuat pisau apa saja. Sesuai desain dari pemesan. Mau senjata ala-ala Jepang seperti shuriken, pisau fuko senjata khas Skandinavia pun bisa dibuatkan.

Sudah banyak desain pisau yang berkelebat meluncur dari bengkel kerjanya yang letaknya tak jauh dari tol Bocimi itu. Kebanyakan dari jenis tactikal atau skinner, bowie yang tergolong pisau komersial. Sisanya dari jenis tusuk macam belati atau pisau komando, pisau lempar, dan jenis tebas seperti golok.

"Saya bikin sesuai pesanan dari Mapala, anggota Korem, Paspampres dan Brimob banyak yang pesan ke saya. Untuk anggota pesan secara personal, untuk dibawa bertugas seperti ke Papua," ujarnya.

Bahkan pisau buatan Friyana yang diberi label AFW Knife kini sanggup menusuk dan menembus pasar internasional. Beberapa kolektor dari negara Jepang, Malaysia, Brunai Darusallam, Kanada, Amerika, Norwegia, Polandia, dan sejumlah negara di Timur Tengah.

Selain mutu yang lebih baik, atau setidaknya sejajar, daya saing lainnya didorong oleh harganya yang jauh lebih murah daripada produk pisau luar negeri. Hal ini pula yang membuat emak-emak di Bogor pun banyak yang memesan pisau dapur.

"Saya pernah membuat pedang katana dijual seharga Rp 8,5 juta. Untuk pisau jenis bushcraft atau petualang dijual dengan kisaran Rp 350-Rp 450 ribu. Termahal Rp 800 ribu ukuran standar jenis besinya D2 dari Swedia," ungkap dia.

Dalam sebulan, Friyana bisa menyelesaikan sekitar 15-20 buah pisau custom. Harganya bervariasi. Sesuai jenis bahan dan tingkat kesulitan.

"Ada juga yang meminta gagang pisau pakai tulang, itu juga kami layani. Kalau untuk sarung pisau semua terbuat dari bahan kulit," ujar Friyana.

Ia mengaku lebih suka menggarap sendirian dengan bantuan seorang pekerja. Di sisi lain karena masih keterbatasan peralatan. Alasan itu pulalah yang membuatnya tak berencana memproduksi massal pisau-pisau buatannya.

"Saya kerja berdasarkan pesana. Selain itu, kalau ada ide baru, pasti saya bikin buat koleksi sendiri," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.