Tumpukan Pasir Sisa Banjir di Sentani Masih Rendam Rumah Warga dan Sekolah

Tumpukan Pasir Sisa Banjir di Sentani Masih Rendam Rumah Warga dan Sekolah

Memasuki pekan kedua pasca-banjir bandang yang menerjang Sentani, Jayapura, Papua, tumpukan pasir sisa banjir masih merendam permukiman warga dan sekolah. Tumpukan pasir bahkan mencapai ketebalan 1 meter.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (24/3/2019), hingga kini alat berat belum dikerahkan untuk melakukan pembersihan. Warga khawatir dengan lambannya penanganan pasca-banjir bandang terlebih karena sebentar lagi akan memasuki pelaksanaan ujian nasional.

Sementara, di Pulau Asei Besar, debit Danau Sentani yang naik hingga 2 meter membuat tak kurang dari 25 kampung yang berada di pinggiran Danau Sentani masih terendam banjir. Banjir terjadi sejak sejak tiga hari lalu. Sejumlah rumah bahkan tidak lagi dapat ditempati karena luapan air danau hampir menutupi rumah warga.

2.000 warga mengungsi di sejumlah gereja. Namun, masih ada beberapa warga yang memilih bertahan di dalam rumah. Bantuan terpaksa diberikan menggunakan perahu.

Hingga kini sudah ada 112 korban tewas akibat banjir dan longsor di wilayah Sentani. Jumlah korban diperkirakan masih akan bertambah mengingat hingga kini Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap 94 orang.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 24 March 2019, 13:07 WIB

Video Terkait

Spotlights