Status Gunung Bromo Masih Waspada, Warga Dilarang Mendekat di Radius 1 KM

Status Gunung Bromo Masih Waspada, Warga Dilarang Mendekat di Radius 1 KM

Seorang wisatawan asing terlibat cekcok dengan petugas saat dirinya mencoba memaksa tetap melakukan pendakian menuju kawasan Gunung Bromo. Perkelahian itu akhirnya bisa dilerai dan sang wisatawan pun menyadari kekeliruannya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (24/3/2019), Gunung Bromo saat ini berada pada level waspada. Wisawatan maupun warga dilarang mendekat pada radius 1 kilometer dari kawah gunung.

Hingga Minggu pagi, asap tebal bercampur abu vulkanik masih menyembur dari kawah Bromo dengan ketinggian hingga 700 meter. Asap mengarah ke wilayah Lumajang dan sebagian Probolinggo.

Meski aktivitasnya meningkat, erupsi Gunung Bromo ternyata menjadi panorama menarik bagi sejumlah wisatawan.

Tak hanya Bromo, aktivitas vulkanik Gunung Merapi juga masih tinggi. Empat kali guguran lava pijar terjadi pada Sabtu malam. Guguran lava mengarah ke hulu Kali Gendol dengan jarak luncur maksimal 750 meter. Di Minggu pagi, puncak Gunung Merapi tertutup awan.

Sejumlah warga tetap beraktivitas biasa. Beberapa di antaranya bahkan tetap menuju kawasan hutan Merapi untuk bercocok tanam.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih tetap waspada. Warga diminta tidak melakukan aktivitas di radius kurang dari 3 kilometer dari puncak Merapi.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 24 March 2019, 14:50 WIB

Video Terkait

Spotlights