Gempa Magnitudo 6,3 di Jailolo Terasa hingga Manado

Oleh Yoseph Ikanubun pada 24 Mar 2019, 12:19 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Manado - Gempa dengan magnitudo 6,3 terjadi di Jailolo, Maluku Utara (Malut), terasa hingga Manado. Pengunjung sejumlah pusat perbelanjaan di Manado, Minggu (24/03/2019) siang, sekitar pukul 12.37 Wita, berhamburan keluar dari pusat-pusat perbelanjaan itu.

"Saya terpaksa meninggalkan counter handphone yang saya jaga. Bahkan, ada pembeli yang akhirnya tidak terlayani karena kami sudah berhamburan keluar," ungkap Melisa, karyawan salah satu counter handphone di ITC Manado.

Melisa sedikit beruntung karena berada di lantai satu dan langsung keluar ke jalan raya. Namun, pengunjung dan pengelola usaha di pusat perbelanjaan yang berada di lantai 2 hingga 5, terpaksa berdesak-desakan dengan menggunakan lift maupun tangga.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut mengguncang pada pukul 11.37 WIB, Minggu (24/3/2019).

 

 

2 of 3

Tak Berpotensi Tsunami

Pusat gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berada di 1,68 Lintang Utara, 126,37 Bujur Timur. Tepatnya di 139 kilometer Barat Laut Jailolo, Malut.

BMKG tidak menyatakan guncangan gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

Selain di Manado, BMKG juga mencatat, guncangan gempa di Jailolo terasa di Ternate, Weda, Tondano, Bitung, Tahuna, Siau, dan Bolang.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓