Sukses

Guncangan Gempa Poso Hamburkan Jemaat Gereja Saat Ibadah Minggu Pagi

Gempa dengan magnitudo 5,7 mengguncang kabupaten Poso, pada Minggu (24/3/2019), pukul 09.32 Wita.

Liputan6.com, Poso - Gempadengan magnitudo 5,7 mengguncang kabupaten Poso, pada Minggu (24/3/2019), pukul 09.32 Wita. Guncangan gempa cukup mengganggu jalannya ibadah di gereja-gereja.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di 53 kilomoter barat daya Kota Poso pada kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada di 1,84 derajat Lintang Selatan dan 120,54 derajat Barat Timur dam  tidak berpotensi tsunami.

Warga desa Kuku, kecamatan Pamona Utara, kabupaten Poso, Feri Timparosa melaporkan saat gempa terjadi, pada umumnya gereja-gereja di kabupaten Poso sedang melaksanakan ibadah Minggu pagi.

"Para jemaat langsung panik dan berhamburan ke luar gedung gereja dengan teriak-teriak ketakutan," ujar Feri dan menambahkan, ibadah Minggu pagi akhirnya dilanjutkan di halaman gereja masing-masing.

Menurut Feri, meskipun kabupaten Poso tidak terdampak gempa bumi di kota Palu, kabupaten Sigi, Donggala dan parigi Moutong pada 28 September 2018, namun warga di daerah ini ikut trauma dengan dampak gempa yang diikuti tsunami dan likuefaksi tersebut.

"Guncangan gempa di Poso memang terasa cukup kuat, bahkan banyak benda dalam rumah warga sempat berjatuhan ke lantai," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terasa Sampai Palu

Gempa juga terasa sampai di kota Palu. meski berjarak sekitat 120 kilometer dari pusat gempa.

"Ia, gempanya terasa sampai di sini (Palu)," ujar Gita, seorang warga Palu.

"Kipasku sampai jatuh gara-gara gempa," ujap Lilis Wahyuni, warga Kota Palu lainnya, seperti dilansir Antara.

Di Gereja Sidang Jemaat Allah, Jl. Tanjung Manimbaya Palu, ratusan jemaat sedang mendengarkan khotbah dari Pendeta Rafles Loke, STh, namun semua jemaat tetap duduk di tempatnya masing-masing, meski satu-dua orang terlihat panik dan ingin keluar gedung gereja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Poso