Aktivitas Gunung Bromo Masih Tinggi, Asap Tebal Terus Keluar

Aktivitas Gunung Bromo Masih Tinggi, Asap Tebal Terus Keluar

Aktivitas Gunung Bromo yang masih tinggi hingga mengeluarkan asap tebal bercampur abu membuat sejumlah pohon rapuh dan tak mampu menahan beban ketebalan abu. Kini ratusan jenis tanaman khas pegunungan pun semakin terancam keberadaannya.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (23/3/2019), asap tebal berwarna kelabu bercampur material abu vulkanik terus keluar dari kawah Gunung Bromo, pagi tadi. Hal ini menyebabkan jalan utama menuju lautan pasir di Dusun Cemoro Lawang dipenuhi abu vulkanik.

Bahkan kondisi ini menyebabkan sejumlah pohon jenis cemara dan akasia mulai tumbang akibat tak mampu menahan beban ketebalan abu yang menempel hingga lima sentimeter.

Kini ratusan jenis tanaman seperti salah satunya bunga edelweis, serta puluhan jenis hewan khas Gunung Bromo yang tersebar di area seluas 50 ribu hektar lebih itu mulai terancam keberadaannya. Ketinggian asap yang menyembur kini menurun, yakni 300 hingga 700 meter dari atas puncak kawah. Sementara untuk gempa tremor berlangsung dengan amplitudo 0,5- 11 milimeter. (Galuh Garmabrata)

Ringkasan

Oleh Galuh Garmabrata pada 23 March 2019, 14:15 WIB

Video Terkait

Spotlights