Sukses

Siapa Pemilik Mobil Berpelat Dinas TNI di Acara Prabowo-Sandi yang Viral?  

Dedy menuturkan, pelat nomor 3005-00 terdaftar sebagai kendaraan dinas jenis sedan milik Detasemen Markas (Denma) Mabes TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi Militer (POM) menyelidiki kasus keberadaan mobil berpelat nomor dinas TNI 3005-00 di acara Prabowo-Sandi yang viral di media sosial. Hingga saat ini, pemilik mobil Mitsubishi Pajero berwarna hitam itu belum diketahui. 

Komandan POM TNI Mayjen Dedy Iswanto belum bisa memastikan apakah ada keterlibatan anggota TNI dalam penyalahgunaan nomor kendaraan dinas tersebut. Yang pasti, kendaraan yang digunakan tidak sesuai dengan nomor pelat. 

"Sedang kita dalami apakah memang ada (anggota di situ). Yang jelas seperti yang disampaikan tadi, komitmen bapak Panglima (TNI) kita tetap netral," ujar Dedy di Mabes Polri, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/3/2019).

Dedy menuturkan, pelat nomor 3005-00 terdaftar sebagai kendaraan dinas jenis sedan milik Detasemen Markas (Denma) Mabes TNI. Kendaraan tersebut digunakan oleh pejabat tertentu di lingkungan Mabes TNI dan bersifat terbatas.   

Hanya saja jenderal bintang dua itu tidak mengungkapkan siapa pejabat atau anggota yang diberi tanggung jawab mengoperasikan mobil dinas tersebut. Padahal seharusnya Mabes TNI memiliki data siapa saja yang menggunakan kendaraan dinas. 

"Untuk nomor kendaraan masih kita dalami siapa yang menggunakan," ucap Dedy. 

Dia juga enggan berandai-andai terkait dugaan pelat mobil dinas tersebut disalahgunakan oleh warga sipil. Begitu juga terkait dugaan pemalsuan pelat nomor.

Dedy berharap, penyelidikan kasus tersebut segera tuntas dalam waktu singkat. Sehingga netralitas TNI pada Pemilu 2019 ini tetap terjaga. 

"Nanti setelah hasil penyelidikan dan pemantauan akan diketahui secara jelas permasalahannya," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelat Dinas TNI

Sebelumnya beredar video yang memperlihatkan sebuah mobil Mitsubishi Pajero menggunakan pelat nomor dinas TNI 3005-00 berada di acara Prabowo-Sandi. Mobil jenis SUV itu mengangkut logistik diduga untuk kegiatan tersebut.

Di belakang mobil, terlihat spanduk berwarna putih dengan tulisan 'Selamat Datang Para Relawan Se Bogor Raya pada Dialog Kebangsaan' lengkap dengan foto Prabowo-Sandi dan gambar burung Garuda berwarna merah.

Mabes TNI mengonfirmasi nomor 3005-00 terdaftat pada kendaraan dinas miliknya. Namun mobil tersebut bukan merupakan kendaraan dinas TNI. Sebab, nomor 3005-00 tercatat sebagai pelat untuk mobil dinas berjenis sedan, tepatnya Mitsubishi Lancer.  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.