Hujan Abu Vulkanik Gunung Bromo Resahkan Petani Kentang

Hujan Abu Vulkanik Gunung Bromo Resahkan Petani Kentang

Asap tebal berwana kelabu pekat keluar terus menerus dari kawah Gunung Bromo, Jumat pagi. Asap yang membawa abu vulkanik tersebut terhembus rendah hingga nyaris menyentuh lautan pasir Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (22/3/2019), pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru kembali mengimbau kepada warga dan wisatawan untuk tidak mendekati kawah Gunung Bromo pada radius 1 kilometer.

Asap yang membawa abu vulkanik ini tampak ke arah tenggara dan timur, yakni ke arah Lumajang dan Probolinggo. Sejumlah wilayah di kabupaten tersebut diperkirakan akan terjadi hujan abu vulkanik dengan intensitas tinggi.

Hujan abu vulkanik Gunung Bromo yang mengenai lahan pertanian kentang milik warga di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur, kini mulai meresahkan petani. Mereka khawatir hujan abu akan merusak tanaman kentang.

Di Desa Argosari, sedikitnya terdapat 600 hektare lahan pertanian yang ditanami kentang dan daun bawang. Sebagian besar tanaman telah masuk masa jelang panen. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 22 March 2019, 15:27 WIB

Video Terkait

Spotlights