Sukses

Tak Lolos SNMPTN, Siswa Bisa Masuk UNJ Lewat Berbagai Jalur

Kuota masuk UNJ ini terbagi-bagi melalui berbagai jalur, yaitu SNMPT, SBMPNTN, dan jalur-jalur lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyediakan kuota sebanyak 6.000 lebih bangku kuliah untuk mahasiswa Baru 2019 ini. Kuota ini terbagi-bagi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur lainnya.

"Kuota 6.000 mahasiswa baru itu terbagi atas 20 persen melalui jalur SNMPTN, 40 persen jalur SBMPTN, 30 persen jalur mandiri, dan 10 persen lagi jalur prestasi," kata Humas UNJ Putri, seperti dilansir Antara, Jumat (22/3/2019).

Dia menjelaskan, jalur prestasi merupakan jalur masuk UNJ yang tidak menggunakan tes, tetapi menggunakan portofolio dan wawancara.

"Untuk jalur prestasi, tahun ini UNJ tidak lagi mengadakan tes tulis dan tes kemampuan, calon mahasiswa baru cukup mengumpulkan portofolio atau sertifikat-sertifikat yang pernah dia dapatkan, portofolio tersebut harus juara 1,2, dan 3, lebih baik lagi kalau penghargaan internasional," papar Putri.

Menurutnya, UNJ memiliki peminat yang selalu meningkat tiap tahunnya.

Dan untuk tahun ini, kata Putri, peminat UNJ yang mendaftar melalui jalur SNMPTN naik hingga 10 persen, sehingga diperkirakan untuk jalur masuk lainnya juga akan mengalami peningkatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada 71 Program Studi

UNJ memiliki 71 program studi yang terdiri dari program studi pendidikan dan murni yang tersebar di delapan fakultas. Semua itu sudah mulai menerima mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN.

"UNJ memiliki 71 program studi yang tersebar di delapan fakultas dan dan satu fakultas program pasca sarjana, biasanya satu prodi itu memiliki kuota 60 mahasiswa kecuali prodi pendidikan Bahasa Arab yang bisa mencapai lebih dari 100 mahasiswa," kata duta UNJ Sarah Alfiatunisa.

Sarah juga mengatakan, UNJ memiliki jalur masuk melalui jalur hafalan Al Quran.

"Selain jalur masuk yang biasa UNJ juga membuka jalur masuk bagi para penghafal Al Quran, dengan syarat pendaftar sudah hafal minimal 15 Juz dan pendaftar akan di tempatkan di prodi yang satu arah dengan itu semisal program studi ilmu agama islam atau Pendidikan Bahasa Arab," ucap Sarah.

UNJ, sambung dia, juga menyediakan program beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi, beasiswa dari Karya Salemba Empat (KSE), dan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) yang disediakan di setiap fakultas.

"Di UNJ itu banyak beasiswa ada beasiswa KSE, PPA, bidikmisi, dan beasiswa-beasiswa lain yang disediakan oleh perusahaan negara seperti Pertamina, beasiswa Bank DKI, dan masih banyak lainnya, juga dari swasta, asalkan mahasiswanya diterima dulu di UNJ dan mau mencari tentang beasiswa-beasiswa tersebut," tandas Sarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.