Sukses

4 Momen Keseruan Jokowi Jajal MRT

Bersama warga Ibu Kota, Jokowi ikut menjajal MRT Jakarta dari Bundaran HI hingga ke Lebak Bulus.

Liputan6.com, Jakarta - Bersama sejumlah jajaran Menteri Kabinet Kerja, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjajal Mass Rapid Transit (MRT) dari Statiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Lebak Bulus, Selasa 19 Maret 2019.

Turut pula mendampingi Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Sehari sebelumnya, Ibu Negara Irina berserta rombongan juga mencoba moda transportasi baru ini yang digadang-gadang dapat mengurai kemacetan Ibu Kota. Bahkan dikatakan mampu membuat warga Jakarta beralih memakai MRT.

Seperti halnya Jokowi, Iriana nampak tak keberatan saat harus berdiri berdesakan dengan penumpang MRT lainnya. Dia bahkan tampak sangat menikmati perjalanan sambil sesekali tersenyum dan berbicang pada penumpang lain.

"Mantap, nyaman," kata Iriana usai menjajal MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Apa sajakah keseruan yang dirasakan Jokowi saat mencicipi transportasi baru milik Jakarta?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Disambut Antusias Warga

Jokowi tidak sendiri saat menjajal MRT. Dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam, dia tiba di Stasiun Bundaran HI pada pukul 11:55 WIB. Ikut bersamanya sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PMK Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.  

Sontak kehadiran orang nomor 1 di negeri ini disambut antusias warga yang pada Selasa, 19 Maret kemarin juga turut dalam uji coba MRT. 

Sebelum menaiki moda transportasi baru ini, Jokowi sempat menemui sejumlah penumpang yang sedang antre masuk ke dalam kereta. Warga pun semringah saat mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyapa. Mereka pun lalu berkerumun untuk menjabat tangan Presiden.

Sekali lagi, momen tersebut tak lepas dari bidikan kamera warga yang tak ingin melewatkan berfoto dan berselfie ria bersama Jokowi. 

"Kita senang MRT ini disambut antusias dan kita harapkan ke depan pengunaannya semua masuk ke sini. Orang menggunakan ini semua," kata Jokowi.

3 dari 5 halaman

Ikut Berdesak-Desakan

Usai menemui warga di peron, Jokowi langsung masuk ke dalam gerbong bersama sejumlah menteri.

Antusias warga Jakarta akan moda transportasi baru ini membuat isi gerbong yang berkapasitas kurang lebih 200 orang dipadati para penumpang.

Kondisi ini kembali membuat Presiden Jokowi harus bergelayutan dengan memegang hand grip berwarna kuning. Pada kondisi seperti itu, cawapres nomor urut 01 ini bahkan seperti tak terganggu meski sambil meladeni sejumlah pertanyaan dari awak media. 

Sebelumnya, Jokowi pernah naik KRL yang dipadati para penumpang. Dari keterangan Asintel Komandan Paspampres Kolonel Kav Urip Prihatman, Presiden Jokowi telah lama ingin pulang ke Bogor menggunakan KRL.

"Sebenarnya sudah lama Presiden Jokowi menginginkan naik KRL saat kembali ke Bogor. Nah baru tadi saat setelah kegiatan di GOR Bulungan dapat terwujud. Sifatnya juga incognito," jelas Urip kepada Liputan6.com.

Untuk kembali membawanya ke Bogor sehabis pulang bekerja, Jokowi turun dari RI 1 miliknya dan memilih naik KRL sambil berdesakan dengan penumpang lainnya. Saat itu waktu menujukkan pukul 17.45 WIB.

4 dari 5 halaman

Berfoto dengan Putri Indonesia

Selain bersama menteri di Kabinet Kerja, sebanyak tujuh Putri Indoesia 2019 nampak ikut mendampingi Presiden Jokowi untuk menjajal MRT Jakarta dengan rute Stasiun Hotel Indonesia menuju Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Maret kemarin.

Momen tersebut sempat diabadikan lewat beberapa foto yang beredar luas.

Nampak dalam gambar, Jokowi diapit oleh tiga Putri Indonesia, yaitu Frederika Alexis Cull, Puteri Indonesia 2019, Jolene Marie Cholock Rotinsulu, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, dan Jesica Fitriana Puteri Indonesia Parawisata 2019.

Senyum hangat Jokowi nampak tak lepas dari wajahnya, meski saat itu gerbong yang ditumpanginya penuh sesak penumpang. 

Kepada para Putri Indonesia, Presiden Jokowi sempat menyampaikan agar mereka dapat menjadi contoh dan menyebarkan contoh kebaikan dalam menjaga dan memelihara fasiltas umum yang menjadi kebanggan kota Jakarta. 

5 dari 5 halaman

Menteri Sri Mulyani dan Kapolri Selfie

Sementara itu, momen menjajal MRT Jakarta untuk pertama kalinya seakan tak ingin dilewatkan para menteri dan pejabat yang ikut bersama Presiden Jokowi. Mereka pun berselfie ria di dalam kereta yang tengah melaju ke Stasiun Bekasi.

Lewat foto-foto yang beredar, nampak Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kapolri Tito Karnavian berfoto bersama.

Keduanya menjadikan momen Jokowi bertemu dengan para Putri Indonesia 2019 sebagai latar belakang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • MRT Jakarta