Sukses

Benahi Masalah Perkotaan, Pemkot Tangerang Gandeng UPI dan BPPT

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah kemitraan UPI dan BPPT dan membantu Pemkot Tangerang dalam penanganan penataan kota.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Tangerang menggandeng dua institusi, yaitu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk membantu penanganan penataan kota.

Kerjasama Pemkot Tangerang dengan BPPT dan UPI ini tertuang dalam nota kesepahaman dalam bidang riset dan tekonologi.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan kerjasama kemitraan dengan UPI difokuskan pada bidang Pendidikan, Penelitian, Pelatihan dan Pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan dengan BPPT lebih dititik beratkan pada Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi di Kota Tangerang. 

"Kerjasama ini baru pertama kali dengan UPI dan program - program yang akan dikerjasamakan antara lain terkait kampung iklim dan kompetisi Cooling Roof," ucap Arief di Kantornya, Selasa (19/3/2019).

Arief berharap, kemitraan UPI dan BPPT dan membantu Pemkot Tangerang dalam penanganan persoalan perkotaan. Misalnya saja, UPI memiliki banyak peneliti lingkungan, maka kerjasama yang terjalin diantaranya untuk membangun lingkungan berkelanjutan.

"Para peneliti UPI tidak perlu segan memanfaatkan segala sarana dan prasarana yang ada. Tinggal masyarakat bersama-sama mampu mengimplementasikannya di keseharian,” ucap Arief.

Menurut Arief para peneliti dari UPI dan BPPT dapat menjadikan penataan kota dan wilayah pemukiman di Kota Tangerang sebagai objek penelitian. Hasil penelitaian dan kajian itu, diharapkan dapat menjadi pemecah masalah perkotaan.

"Kita kan punya program kampung iklim jadi bagaimana nantinya kampung-kampung yang ada di 1004 RW ini, yang tadinya tidak tertata jadi tertata, kampungnya panas jadi sejuk. Karena bukan cuma pengijauan saja yang diteliti tapi bagaimana kalau perlu nanti rumah itu bisa enggak pake AC, tapi tetap sejuk," ucap Arief. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riset Berbasis Lingkungan

Pada kesempatan yang sama, Rektor UPI Prof Asep Kadarohman mengatakan, UPI menyambut baik kerjasama ini karena riset-riset yang dilakukan oleh UPI berbasis lingkungan.

"Dengan kerjasama ini kita menjadi ada sinergitas riset yang dilakukan oleh peneliti kita dengan program dari Pemerintah Kota Tangerang, ini sangat berkaitan," ujar Asep.

Pemkot Tangerang juga akan ikut kompetisi Cooling Roof yang berbasis international, UPI lah yang akan menjadi pendamping dan mensuport untuk data - data yang dibutuhkan dalam kompetisi tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.