Kementerian LHK Bentuk Satgas Teliti Sebab Longsor dan Banjir di Sentani

Oleh Liputan6.com pada 19 Mar 2019, 19:31 WIB
Banjir Bandang di Sentani

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membentuk tim satuan tugas (satgas) untuk menangani bencana banjir bandang dan longsor yang melanda Sentani, Jayapura.

Satgas yang dibentuk melalui keputusan Menteri LHK ini akan diberangkatkan menuju lokasi terdampak bencana pada Selasa (19/3/2019).

"Kementerian sudah bentuk satgas, satgasnya sudah dibentuk dengan keputusan menteri. Nanti malam akan berangkat tim dari sini ke lokasi," ujar Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) KLHK, Putera Parthama saat jumpa pers di Gedung KLHK, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Satgas yang diturunkan ke lokasi terdampak akan bertugas mengumpulkan data dan fakta, serta merekonstruksi proses longsor hingga banjir.

"Rencana di sana, yang jelas mengumpulkan fakta seakurat mungkin dan melakukan semacam rekonstruksi proses longsor itu sendiri. Sehingga kita bisa dapat infonya utuh dan lebih komprehensif faktor penyebab longsor." papar Putera.

 

2 of 2

Buka Posko Informasi

Selain menganalisis dan mencari tahu penyebab longsor diseratai banjir, KLHK juga akan membuka posko informasi di lokasi terdampak.

"Selanjutnya informasi lebih lanjut mengenai hal ini diminta ke posko, nanti kepala biro humas yang memotori dengan pusdatin." ujar Putera. (Dewi Larasati)

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓