Sukses

Ingat, Pengumuman SNMPTN Maju Sehari dari Jadwal Sebelumnya

Pengumuman SNMPTN ini sehari lebih cepat dibandingkan jadwal semestinya, yakni Sabtu, 23 Maret 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi mengatakan pihaknya mempercepat pengumuman hasil seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi Jumat, 22 Maret 2019.

"Dimajukannya pengumuman dikarenakan proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang satu," ujar Ravik di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (19/3/2019).

Ravik juga meminta agar siswa memperhatikan beberapa hal, yakni pendaftaran UTBK gelombang satu yang akan ditutup pada 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB.

Kemudian, kata dia, pembukaan pendaftaran UTBK gelombang dua akan dimulai pada hari Senin, 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada Senin, 1 April 2019 pukul 22.00 WIB.

"Kami berharap agar siswa benar-benar memperhatikan mekanisme pendaftaran UTBK," jelas Ravik.

Pengumuman ini sehari lebih cepat dibandingkan jadwal semestinya, yakni Sabtu, 23 Maret 2019. SNMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aturan SNMPTN

Dalam aturan SNMPTN tahun ini, terdapat beberapa aturan yang baru. Aturan baru itu adalah siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

Kemudian urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Untuk siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini