Ini Kronologi Helikopter Jatuh di Tasikmalaya

Oleh Muhammad Ali pada 17 Mar 2019, 10:24 WIB
Diperbarui 17 Mar 2019, 09:53 WIB

Fokus, Tasikmalaya - Sebuah helikopter jenis BO 105 M PKEAH jatuh di kawasan Situ Hiang, Sirna Putra, Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu sore, 16 Maret 2019 kemarin. Empat orang penumpang, satu di antaranya perempuan, dievakuasi kerumah sakit karena mengalami luka-luka.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (17/3/2019), menurut saksi mata, helikopter sewaan itu sempat terbang rendah hingga akhirnya jatuh. Bangkai helikopter tersangkut bambu dan pepohonan dengan posisi kepala menukik ke bawah.

Selain dua baling-baling patah, kaca depan helikopter juga pecah. Empat orang penumpang, termasuk pilot, mengalami luka akibat benturan keras. Bahkan satu penumpang perempuan sempat pingsan di lokasi. Warga kemudian mengevakuasi korban dengan cara digotong melewati pematang sawah.

Keempat korban dibawa ke rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan, keempat korban berhasil ditangani secara medis dan tidak ada yang mengalami masalah yang serius. Pilot Fuad Humran, yang sempat mengalami pergeseran tulang ekor saat ini sudah masuk ke ruang perawatan. Sedangkan kopilot Agung, sudah membaik. Dia hanya mengalami lecet di bagian pelipis sebelah kanan.

Sementara dua korban lainnya, yaitu Ir. Joni dan Tuti, setelah menjalani perawatan di UGD, langsung dipindahkan ke RS TMC Kota Tasikmalaya, untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih baik. 

Uuntuk penyebab kecelakaan, diduga helikopter tersebut jatuh akibat mati mesin. Bangkai helikopter hingga Sabtu sore masih belum bisa dievakuasi karena medan yang sulit. (Galuh Garmabrata)