Jokowi Pastikan Revitalisasi SMKN Balige Toba Samosir Tahun Ini

Oleh Lizsa Egeham pada 15 Mar 2019, 14:33 WIB
Capres Jokowi Saat Berbincang Santai dengan Cawapres Ma'ruf Amin di Istana Negara, Jakarta. (Foto/Istmewa)

Liputan6.com, Balige - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan SMKN 1 Balige Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara akan direvitalisasi tahun ini. Hal tersebut dikatakan Jokowi saat membagikan 2.000 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada pelajar SD, SMP, SMA di Balige.

"Saya berbahagia sekali pagi ini, bisa hadir di SMK Negeri 1 Balige Tobasa. Tahun ini akan direvitalisasi," ujar Jokowi di SMKN 1 Balige, Jumat (15/3/2019).

Setelah direvitalisasi, lanjut Jokowi, nantinya SMKN 1 Balige akan dilengkapi dengan fasilitas baru yang dapat membantu proses belajar para siswa. Hal tersebut diharapkan akan mempermudah lulusan SMK mencari lapangan pekerjaan. 

"Akan ada pembangunan di SMK 1 plus diberi peralatan untuk praktek anak-anak di dalam menuju ke proses diterimanya di kantor dan industri yang ada," kata Jokowi

2 of 3

70 SMK di Tanah Air Akan Direvitalisasi

Presiden Jokowi Serahkan Dokumen Stranas Pencegahan Korupsi
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara penyerahan dokumen Stranas Pencegahan Korupsi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3). Dokumen berisi panduan pencegahan tindak pidana korupsi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, bahwa SMKN 1 Balige merupakan salah satu sekolah yang mengikuti program revitalisasi tahun ini. Dia menyebut ada 70 SMK di seluruh Tanah Air yang akan direvitalisasi.

"SMK Negeri 1 Balige adalah salah satu SMK di tahun 2019 yang ikuti program revitalisasi. ‎Akan ada 70 SMK seluruh Indonesia yang revitalisasi," tutur Muhadjir. 

Hingga kini, kata dia, pemerintah telah merevitalisasi 200 SMK seluruh Indonesia. Menurut Muhadjir, hal ini bertujuan agar SMK dapat mencetak lulusan yang handal di bidangnya.

"Kami akan percepat revitalisasi SMK supaya lulusan-lulusan bisa handal sesuai kebutuhan lapangan kerja," jelasnya.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓